Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Tanamkan Kewirausahaan di Sekolah

Kompas.com - 12/12/2012, 17:15 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Materi kewirausahaan penting untuk ditanamkan dalam pendidikan di Indonesia. Penanaman nilai-nilai kewirausahan tersebut merupakan bagian dari pendidikan karakter yang dikembangkan di sekolah-sekolah.

"Penting sekali supaya semangat kewirausahaan ditanamkan ke setiap siswa melalui kurikulum pendidikan," kata Paulina Pannen, Dekan Sampoerna School of Education (SSE), di Jakarta, Ranu (12/12/2012).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah wirausahawan di Indonesia pada tahun 2012 baru mencapai 1,56 persen dari jumlah populasi yang ada.

Jika mengacu pada teori David McLelland, seorang sosiolog pembangunan, sebuah negara dapat dikatakan makmur bila 2 persen dari jumlah populasinya merupakan wirausahawan.

Wirausahawan merupakan sebuah elemen penting dalam pembangunan bangsa, d iantaranya untuk menciptakan kesempatan kerja dalam skala besar, mengurangi angka pengangguran yang berujung pada tingkat kriminal, meningkatkan pembangunan ekonomi yang merata, mengurangi konsentrasi kekuasaan ekonomi, dan turut membangun Indonesia secara keseluruhan.

Rendahnya jumlah wirausahawan di Indonesia disebabkan oleh banyak faktor. Head of Human Development Unit of World Bank, Mae Chu Chang menuturkan bahwa pendidikan di Indonesia ditargetkan pada normalisasi atau kesetaraan, dan jarang mendorong siswa dalam mengembangkan potensi mereka.

Selain itu, semangat kewirausahaan di Indonesia menghadapi tantangan dalam pendidikan, di mana pendidikan di Indonesia cenderung mencegah siswa untuk berani dalam mengambil risiko, tidak mentolerir kegagalan, pilihan spesialisasi yang terbatas, dan keuntungan dari menjadi seorang wiraswasta tidak dikenal oleh para siswa.

Untuk mengidentifikasi tantangan yang berkaitan dengan pembinaan kewirausahaan di sekolah-sekolah Indonesia, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) mengembangkan sebuah buku panduan tentang pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar dan menengah.

Puskurbuk mengindentifikasikan beberapa karakteristik atau ciri-ciri terkait dengan semangat kewirausahaan yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan.

Kemendikbud berusaha untuk memasukkan tema-tema dengan mempromosikan kreativitas, inovasi, kepemimpinan, perhitungan resiko, ketergantungan diri, antara lain karakteristik yang terkait dengan jiwa kewirausahaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com