Kompas.com - 12/12/2012, 18:17 WIB
|
EditorCaroline Damanik

TANGERANG, KOMPAS.com - Berkembangnya industri kreatif tergantung pada kreativitas sumber daya manusia yang dimiliki. Lulusan-lulusan yang kreatif diyakini bisa dihasilkan jika lingkungan pembelajaran mampu menghadirkan atmosfer yang menunjang munculnya kreativitas tersebut di tengah anak-anak didiknya.

Rektor Bina Nusantara University, Harjanto Prabowo, termasuk yang meyakini bahwa kreativitas muncul dari lingkungan yang nyaman di ruang belajar. Menurutnya, munculnya kreativitas harus didukung oleh atmosfer belajar yang nyaman.

"Jelas, lingkungan ada hubungannya dengan kreativitas anak-anak. Lingkungan yang nyaman dalam arti mendorong inspirasi. Ada danau, perpustakaan yang terbuka. (Ada anak-anak yang) pintar dan peduli pasti iya, tapi untuk kreatif kan butuh situasi yang mendukung," tuturnya di sela peletakan batu pertama gedung kampus utama Binus University di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Rabu (12/12/2012).

Keyakinan ini muncul bukannya tanpa alasan. Menurut Harjanto, pengalaman menunjukkan bahwa lingkungan yang nyaman dan alami mendorong munculnya kreativitas dan komunikasi yang baik.

Keyakinan ini juga yang mendorong Binus University merencanakan pembangunan gedung berkonsep ramah lingkungan dengan kawasan yang nyaman sebagai kampus keenamnya. Kampus yang berlokasi di kawasan Alam Sutera itu akan dilengkapi sejumlah teknologi dan fasilitas hijau.

Gedung berlantai 21 yang diproyeksikan rampung pad atahun 2014 ini rencananya akan memanfaatkan sebanyak mungkin sinar matahari sehingga menghemat penggunaan listrik. Selain itu, gedung ini akan mengusung teknologi natural ventilation dimana udara akan bergerak dengan leluasa di seluruh lantainya.

Yang membuat Harjanto bahkan menanti, di kawasan seluas lima hektar ini akan dibuat danau buatan dengan taman hijau di sekelilingnya. Harjanto berharap, para mahasiswanya nanti bisa menemukan banyak inspirasi di tempat ini.

"Apalagi, nantinya di kampus ini akan dipusatkan program-program studi yang terkait bidang kreatif, seperti desain dan bisnis," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.