Kompas.com - 13/12/2012, 19:44 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MATARAM, KOMPAS.com -- Hari Nusantara ke-13, diawali dengan Nusantara Expo di Pantai Labuhan Haji, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pameran yang berlangsung di lokasi peringatan Hari Nusantara, dibuka Kamis (13/12/2012) dan akan berlangsung hingga Senin (17/12/2012).

Menurut Sekjen Dewan Kelautan Indonesia, Dedi H Sutisna, saat ini masyarakat Indonesia lebih banyak berorintasi pada sektor agararis di daratan. Padahal 75 persen wilayah Indonesia berupa laut, yang potensinya sangat besar, dan belum dikelola dengan baik sebagai sumber kehidupan.

Karena itu, kata dia, pameran itu dihajatkan sebagai media sosialisasi, bahkan mengubah mindset masyarakat dari tidak selalu tergantung pada sektor agraris yang luas arealnya semakin menipis jumlahnya, ke budi daya laut yang potensinya sangat besar untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat.

Pameran ini diikuti tujuh provinsi, menempati 114 stand atau lebih besar jumlahnya dibading 80 stand saat Hari Nusantara ke-12 di Riau. Materi pameran umumnya produk makanan olahan dari komoditas perikanan, pertanian, perkebunan lainnya, yang diproduksi kelompok usaha dan koperasi binaan instansi teknis setiap daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.