Kompas.com - 14/12/2012, 11:46 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti pada tahun 2012, pemerintah menyiapkan tiga model penerimaan mahasiswa baru, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk penyaringan semacam jalur undangan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk penyaringan dengan ujian tertulis serta ujian mandiri yang diadakan masing-masing PTN.

Kebijakan penyelenggaraan ujian mandiri sampai pembuatan soal ujian menjadi hak masing-masing PTN. Walau porsinya hanya 10 persen dari total kuota kursi di PTN yang bersangkutan, Universitas Indonesia (UI) kembali membuka peluang bagi yang berminat menuntut ilmu di UI melalui Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau Simak UI pada tahun depan.

"Tentu akan kami bahas tentang Simak UI ini. Biasanya memang digelar setelah SNMPTN," kata Pejabat Sementara Rektor UI, Djoko Santoso, kepada Kompas.com, Kamis (13/12/2012).

Djoko mengatakan bahwa Simak UI biasanya diselenggarakan pada pertengahan tahun. Untuk saat ini, pihak universitas masih mempersiapkan penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN yang pendaftarannya akan dibuka Februari mendatang.

"Sekarang kami prioritas SNMPTN dulu. Karena kuotanya sendiri juga bertambah dari sebelumnya," tuturnya.

Simak UI sendiri tidak terbatas bagi yang ingin mengambil gelar sarjana saja. Namun bagi yang ingin mengambil gelar diploma melalui jenjang vokasi, gelar master dan gelar doktor dapat mengikuti ujian ini. Ujiannya juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan lain-lain.

Selain itu, Simak UI ini juga tidak mengharuskan pesertanya pernah mengikuti Ujian Nasional (UN). Selama yang bersangkutan memiliki ijazah paket C atau mendapat surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan maka dirinya berhak untuk mengikuti Simak UI.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.