Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.000 Personel Banser Siap Amankan Natal

Kompas.com - 20/12/2012, 18:11 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak lebih dari 5.000 personil Barisan Ansor Serba Guna (Banser) di Jawa Timur siap diturunkan membantu polisi dalam mengamankan perayaan Natal. Ribuan orang itu saat ini menyebar di 38 kabupaten/kota, dalam kondisi siap diterjunkan.

Menurut Ketua Pengurus Wilayah Ansor Jatim, Alfa Isnaeni, bantuan personil Banser tersebut adalah agenda kegiatan rutin setiap tahun sebagai bentuk kepedulian sosial antarsesama umat beragama, serta dalam upaya mendukung stabilitas keamanan Jatim saat perayaan Natal, sekaligus Tahun Baru.

"Prinsip kami, kondisi hubungan toleransi antarumat beragama di Jatim tetap kondusif," katanya, Kamis (20/12/2012).

Menurut dia, penerjunan Banser itu sifatnya hanya membantu pengamanan, karena tugas utama pengamanan tetap melekat kepada pihak kepolisian. "Keberadaan kami hanyalah untuk membantu pengamanan saja. Namun untuk tugas utama tetap pihak kepolisian yang memiliki wewenang penuh." tanbahnya.

Para personil Banser tersebut, kata Alfa, sudah dilengkapi standar keterampilan pengamanan. Mereka biasa dipasang di setiap gereja, dua sampai tiga hari sebelum perayaan natal, sebagai antisipasi pihak yang ingin merusak prosesi Natal di gereja.

Bantuan ini pun menunjukkan bahwa Jatim yang dihuni masyarakat yang heterogen, tetap menjunjung tinggi prinsip toleransi dan saling hormat menghormati antarsesama pemeluk agama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com