Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tokoh Seni Jabar Akan Terima Penghargaan

Kompas.com - 22/12/2012, 12:24 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com--Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan  akan menyerahkan penghargaan kepada 20 tokoh seni budaya dan pariwisata di Kota Bandung, Minggu (23/12).

"Ke-20 tokoh tersebut di antaranya empat penerima Penghargaan Khusus, 11 Penghargaan Bidang Seni dan Budaya, lima Penghargaan Pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari di Bandung, Jumat.

Nunung menjelaskan tim penilai ke-20 tokoh tersebut diketuai oleh Prof Dr Hj Nina H Lubis, Afryanto S Kar MM, Prof Iyus Rusliana SST, Herry Dim, Soni Farid Maulana, Drs Gustaff Iskandar SSn, Dr H Moh Liga Suryadana, H Herman Muchtar dan Khoirul Fajri SE MM.

"Melalui waktu yang cukup panjang, hasil penilaian berdasarkan evaluasi sejak tahun lalu. Tidak hanya berdasarkan data yang sudah ada serta usulan dari kabupaten/kota saja, melainkan juga berdasarkan penilaian dari tim juri, dengan melakukan survei ke kabupaten/kota, ke calon-calon penerima penghargaan," katanya.

Tujuan diselenggarakannya acara ini,  lanjut Nunung, sebagai bentuk apresiasi pemerintah provinsi Jawa Barat, dalam hal ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, kepada tokoh/pelaku/komunitas seni budaya dan pariwisata yang telah berkiprah di bidangnya dan berhasil mengharumkan nama Jawa Barat, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"Selain itu, pemberian penghargaan ini sebagai upaya menstimulus generasi muda supaya terpacu untuk lebih banyak berkarya," katanya.

Ia mengatakan, hal ini juga untuk lebih memperkenalkan kepada generasi muda tentang keberhasilan di bidang seni budaya dan pariwisata ini bahwa terdapat tokoh-tokoh yang patut untuk diteladani.

"Para tokoh dan komunitas ini  patut untuk diteladani, agar generasi muda bias berkarya seperti mereka, bahkan bisa lebih banyak berkarya di bandingkan dengan mereka," katanya.

Dikatakannya, sebagai bentuk penghargaan kepada ke-20 tokoh seni budaya dan pariwisata ini, pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan uang kadeudeuh dan piagam penghargaan.

"Uang yang akan diserahkan nanti, tidak sebanding dengan apa yang telah para tokoh/komunitas/pelaku lakukan kepada pengembangan kesenian, kebudayaan dan pariwisata di Jawa Barat," katanya.

Ia mengatakan pada 2009, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat memberikan penghargaan kepada ke-19 pelaku seni, budaya, kepariwisataan dan hiburan.

Kemudian pada 2010 Pemprov Jawa Barat memberikan penghargaan kepada 20 tokoh seni, budaya, dan pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com