Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuansa Batik di Perayaan Natal Gereja Katedral

Kompas.com - 24/12/2012, 17:36 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemandangan berbeda bisa dilihat di perayaan Natal 2012 Gereja Katedral, Jalan Jayakusuma, Jakarta Pusat. Panitia Natal gereja tersebut mengusung batik sebagai tema Natal tahun ini.

Pastur paroki Katedral, Romo Y Eko Sulistyo SJ mengatakan, pemilihan konsep batik ini untuk lebih mengenal warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah mulai terabaikan. "Kita mengambil tema batik karena zaman sekarang orang-orang banyak yang sudah tidak peduli lagi tentang warisan leluhurnya sendiri. Untuk itu kami ingin berterimakasih kepada Allah yang telah memberikan begitu banyak kasih sayang dan warisan kepada kita semua," ucapnya, Senin (24/12/12012).

Dekorasi batik dapat dilihat di hampir seluruh penjuru gereja, seperti pohon Natal yang dibalut kain batik, altar-altar, dan lorong menuju pintu masuk gereja. Bahkan Gereja Katedral mengharapkan jemaat yang akan datang, mengenakan pakaian batik.

Menurut Romo Eko, Allah telah mengasihi dan sangat peduli terhadap umat-Nya. Di sanalah Allah menjadi juru selamat. Maka dari itu, kata dia, manusia harus selalu berterima kasih atas apa yang telah Allah berikan. Salah satu ucap syukur itu adalah menjaga warisan budaya seperti batik.

"Kerusakan lingkungan, intoleransi, dan penegakan hukum yang tidak memuaskan. Itu semua karena kita tidak bersyukur. Kita mulai dari bersyukur telah diberikan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang sangat dikenal orang banyak. Membagikan kasih Allah agar semua orang dapat merasakan kasih Allah bersama," tutur Romo Eko.

Lihat foto virtual reality 360 derajat Arsitektur Gereja Katedral by Kompas Properti di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com