Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tanggung Biaya Pelatihan Guru

Kompas.com - 26/12/2012, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menanggung biaya sosialisasi Kurikulum 2013. Termasuk dalam sosialisasi ini adalah pelatihan untuk guru-guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

”Jadi, dinas pendidikan daerah tidak perlu khawatir,” kata Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik Kemdikbud.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali AA Ngurah Gde Sujaya sebelumnya pada pekan lalu mempertanyakan biaya untuk sosialisasi dan pelatihan guru dalam rangka penerapan Kurikulum 2013. ”Jika dibebankan kepada daerah, kami tidak punya dananya. Anggaran untuk pelatihan guru juga tidak ada dalam APBD 2013,” ujar Sujaya. Padahal, pelatihan guru mutlak dilakukan agar penerapan Kurikulum 2013 sesuai dengan yang diharapkan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Nusa Tenggara Timur Clemens Mebah juga menyatakan, perlu dukungan pemerintah pusat untuk pelatihan guru dalam penerapan Kurikulum 2013. ”Jika dilepas sendiri, kami tidak sanggup karena belum tahu apa-apa soal Kurikulum 2013,” ujarnya.

Gultom mengatakan, pemerintah daerah tak perlu khawatir soal biaya dan teknis pelatihan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah tentang Kurikulum 2013. Sebab, Kemdikbud sudah mempersiapkan semuanya secara matang.

Pelatihan guru, misalnya, pada tahap awal akan dilatih 40.000 guru terbaik dari berbagai daerah sebagai pelatih inti. Mereka akan melatih guru-guru lain secara bertahap. Pada tahap pertama akan dilatih guru kelas I, IV, VII, dan kelas X. (COK/SEM/THY)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com