Kompas.com - 29/12/2012, 14:25 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada akhir tahun 2012 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhasil meraih peringkat tertinggi dalam survei integritas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan integritas instansi. Survei ini dilakukan oleh KPK terhadap 85 instansi pusat, vertikal dan daerah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa peringkat tertinggi terkait dengan integritas ini diperoleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tingkat kementerian. Sementara untuk tingkat kelembagaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berada di peringkat kedua.

"Nilai yang kami peroleh 7,43. Tapi jadi yang tertinggi untuk tingkat kementerian. Kalau kelembagaan kami masih kalah dengan Jamsostek," kata Nuh saat jumpa pers Akhir Tahun 2012 di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Beberapa hal yang membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah pengisian dan penyerahan LHKPN yang tepat waktu. Kemudian penerapan pendidikan anti korupsi di seluruh jenjang pendidikan. Selanjutnya, muncul Permendikbud tentang program pengendalaian gratifikasi dan penanganan aduan masyarakat yang ditindaklanjuti oleh Inspektorat Jenderal.

Tidak hanya itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga berhasil mendapat predikat penilaian B terkait Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). Predikat ini sama seperti yang diperoleh pada tahun 2011 lalu dengan komponen penilaian yaitu perencanaan kegiatan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian.

"Untuk LAKIP predikat kami masih tetap B. Tapi tidak apa, itu sudah bagus. Kami akan terus tingkatkan akuntabilitas kinerja ini dan tidak hanya berhenti di sini saja," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.