Kompas.com - 30/12/2012, 17:59 WIB
|
EditorRusdi Amral

TANGERANG, KOMPAS.com - Para juara olimpiade fisika tingkat Asia dan internasional berkumpul di Indonesia untuk mengikuti kompetesi Olimpiade Fisika Dunia atau World Physics Olimpaid (WoPhO) ke-2 di Tangerang, Banten. Sebanyak 72 pelajar SMA dari 16 negara hadir dalam kompetesi yang digelar pada 28 Desember 2012 - 3 Januari 2013 ini.

Presiden WoPhO Herry Kwee di Tanegrang, Minggu (30/12/2012) mengatakan, dari 72 peserta, sebanyak 38 peserta merupakan peraih medali emas dan perak pada olimpiade fisika Asia dan internasional, sedangkan yang lainnya diseleksi khusus. "Program ini untuk memacu minat siswa SMA untuk ikut dalam olimpiade fisika dan saling belajar dari pelajar negara lain," kata Hendry. Kegiatan ini juga didukung ilmuwan fisika Indonesia Yohanes Surya.

Menurut Yohanes, soal-soal dibuat dengan kesukaran tinggi di tingkat doktor. Peserta WoPhO ke-2 diikuti pelajar dari Belarusia, Bosnia dan Herzegovina, Brazil, Bulgaria, China, Estonia, Hungaria, India, Indonesia, Jerman, Polandia, Romania, Rusia, Singapura, Swiss, dan Vietnam.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X