Universitas Brawijaya Tolak Kerjasama Luar Negeri - Kompas.com

Universitas Brawijaya Tolak Kerjasama Luar Negeri

Kompas.com - 07/01/2013, 04:28 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, dalam satu tahun terakhir ini menolak tawaran kerja sama dari sejumlah perguruan tinggi (PT) luar negeri yang levelnya masih di bawah kampus tersebut.

"Bukan menolak, tapi menunda tawaran kerja sama dari sejumlah perguruan tinggi (PT) luar negeri yang levelnya masih di bawah Universitas Brawijaya (UB). Mungkin saja jalinan kerja sama ini untuk tahun-tahun mendatang," kata Rektor UB Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Minggu (6/1/2012).

Pihaknya saat ini hanya akan bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi (PT) negeri atau swasta dari luar negeri yang memiliki level minimal sama dengan UB, bahkan kalau bisa harus di atas UB agar UB bisa menimba ilmu dari kampus bersangkutan.

Namun demikian, katanya, bukan berarti UB tidak menjalin kerja sama dengan PT luar negeri sama sekali. Saat ini, masih banyak jalinan kerja sama dengan PT luar negeri, seperti dari Amerika Serikat, Taiwan, Prancis, Jerman, Jepang, dan Australia.

Kerja sama tersebut meliputi bidang pertukaran dosen, mahasiswa, penelitian bersama, dan double degree. "Kerja sama ini sudah berlangsung lama, kalau memang ada PT luar negeri yang menawarkan kerja sama dalam bentuk lain, kami pasti akan mempertimbangkannya," katanya.

Yogi mengemukakan ketika delegasi UB berkunjung ke sejumlah universitas di luar negeri, pihak tuan rumah sudah tahu dan paham dengan posisi UB, sehingga tidak perlu lagi dijelaskan secara detail.

"Perguruan tinggi yang kami kunjungi rata-rata sudah tahu level UB, sehingga kerja sama yang ditawarkan pun juga disesuaikan dengan ukuran UB. Namun demikian, kami tidak akan berhenti hanya sebatas itu, sebab kami masih punya mimpi semua fakultas di UB bisa berstandar internasional," katanya.

Universitas Brawijaya salah satu di antara tujuh PT di Indonesia yang mampu menembus rangking dunia. Berdasarkan penilaian yang dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings 2012, UB menempati posisi 601+.

Di tingkat Asia, UB menduduki rangking 201-250. Berdasarkan penilaian International Colleges and Universities (4ICU), UB meraih posisi 14 terbaik di Indonesia, sedangkan penilaian Webometrics yang dirilis Juli 2012, UB menempati posisi 8.


Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu!


EditorBenny N Joewono

Terkini Lainnya


Close Ads X