Kompas.com - 10/01/2013, 13:51 WIB
Penulis Dedi Muhtadi
|
EditorRusdi Amral

BANDUNG, KOMPAS.com — Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung memberlakukan kebijakan khusus penerimaan mahasiswa baru, yakni "Nyaah ka Jabar" untuk siswa asal sekolah menengah atas se-Jawa Barat mulai 2013. Kebijakan ini dimaksudkan agar angka penyerapan Unpad terhadap lulusan SMA asal Jabar semakin membaik.

Rektor Unpad Ganjar Kurnia memaparkan kebijakan itu kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan para bupati/wali kota se-Jabar di Kampus Unpad, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (10/1/2013). Kebijakan khusus itu disebut program Unpad Nyaah Ka Jabar (Unpad Sayang Jabar) alias nyaah ka urang lembur.

"Sejak beberapa tahun terakhir, ada fenomena yang cukup mengkhawatirkan. Ada kecenderungan bahwa setiap tahun jumlah mahasiswa asal Jabar yang kuliah di Unpad terus berkurang," ucap Ganjar.

Ganjar mengungkapkan, pada 2012 hanya 49,7 persen mahasiswa baru asal SMA Jabar. Tahun sebelumnya masih 52 persen. Fakta lain, dari persentase tersebut,  51 persen berasal dari SMA di Kota Bandung. Sisanya dari Kabupaten Bandung dan luar ibu kota di Jabar dengan persentase jauh lebih kecil.

Ganjar menambahkan, Unpad mengupayakan pada tahun pertama ini (2013) sebanyak 84 kursi buat siswa asal Jabar per kabupaten/kota sehingga totalnya 2.184 siswa.

"Karena penerimaan mahasiswa baru melalui tes secara nasional, kita akan memberi bimbingan khusus kepada siswa Jabar. Para dekan segera turun menjelaskan hal ini ke daerah," papar Rektor Unpad.

Kebijakan khusus Unpad ini sejalan dengan harapan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sejak beberapa tahun lalu. "Syukur, tahun ini mulai diterapkan Unpad. Saya berharap perguruan tinggi lain seperti ITB dan IPB juga mengupayakan hal yang sama," tutur Heryawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.