Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Bandung Luncurkan Program "Nyaah ka Jabar"

Kompas.com - 10/01/2013, 13:51 WIB
Dedi Muhtadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung memberlakukan kebijakan khusus penerimaan mahasiswa baru, yakni "Nyaah ka Jabar" untuk siswa asal sekolah menengah atas se-Jawa Barat mulai 2013. Kebijakan ini dimaksudkan agar angka penyerapan Unpad terhadap lulusan SMA asal Jabar semakin membaik.

Rektor Unpad Ganjar Kurnia memaparkan kebijakan itu kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan para bupati/wali kota se-Jabar di Kampus Unpad, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (10/1/2013). Kebijakan khusus itu disebut program Unpad Nyaah Ka Jabar (Unpad Sayang Jabar) alias nyaah ka urang lembur.

"Sejak beberapa tahun terakhir, ada fenomena yang cukup mengkhawatirkan. Ada kecenderungan bahwa setiap tahun jumlah mahasiswa asal Jabar yang kuliah di Unpad terus berkurang," ucap Ganjar.

Ganjar mengungkapkan, pada 2012 hanya 49,7 persen mahasiswa baru asal SMA Jabar. Tahun sebelumnya masih 52 persen. Fakta lain, dari persentase tersebut,  51 persen berasal dari SMA di Kota Bandung. Sisanya dari Kabupaten Bandung dan luar ibu kota di Jabar dengan persentase jauh lebih kecil.

Ganjar menambahkan, Unpad mengupayakan pada tahun pertama ini (2013) sebanyak 84 kursi buat siswa asal Jabar per kabupaten/kota sehingga totalnya 2.184 siswa.

"Karena penerimaan mahasiswa baru melalui tes secara nasional, kita akan memberi bimbingan khusus kepada siswa Jabar. Para dekan segera turun menjelaskan hal ini ke daerah," papar Rektor Unpad.

Kebijakan khusus Unpad ini sejalan dengan harapan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sejak beberapa tahun lalu. "Syukur, tahun ini mulai diterapkan Unpad. Saya berharap perguruan tinggi lain seperti ITB dan IPB juga mengupayakan hal yang sama," tutur Heryawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com