Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Putus Sekolah Dibekali Keterampilan

Kompas.com - 10/01/2013, 20:40 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com- Sebanyak 20 anak putus sekolah di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dikirim mengikuti pelatihan keterampilan. Pelatihan diharapkan membuat mereka mandiri dan tidak membebani orang tua serta masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo Agus Purnomo, Kamis (10/1/2013), mengatakan, 20 anak putus sekolah tersebut akan mengikuti pelatihan keterampilan di Balai Rehabilitasi Sosial, Taruna Yudha, Kabupaten Sukoharjo, selama empat bulan.

"Ke-20 anak ini merupakan anak putus sekolah, yang berasal dari lulusan SMP sebanyak 12 anak dan lulusan SMA 8 anak," ujarnya.

Untuk angkatan pertama ini, lanjut Agus, berasal dari Kecamatan Wadaslintang (6 anak), Kecamatan Kalikajar (2), Kecamatan Watumalang (2), Kecamatan Kaliwiro (6), Kecamatan Kertek (1), Kecamatan Kalibawang (1), dan Kecamatan Kejajar (2).

"Jumlah laki-laki 7 anak dan perempuan 13 anak. Mereka akan mendapat bekal pendidikan keterampilan berupa pendidikan menjahit, yang diikuti 13 anak, salon 2 anak dan bengkel 5 anak," jelasnya.

Melalui palatihan yang akan diadakan rutin tersebut, para anak putus sekolah ini diharapkan menjadi manusia yang mandiri, tidak bergantung lagi dengan orang tua dan masyarakat sekitar. Selama di Taruna Yudha, mereka tidak dipungut biaya, bahkan diberi uang saku dan ada libur di hari-hari libur.

Setelah selesai pelatihan pun mereka akan disalurkan ke beberapa tempat kerja yang sudah siap menampung mereka, seperti di salon-salon, perusahaan konveksi dan beberapa Bengkel AHASS.

"Selain anak putus sekolah, rencananya kami juga akan mengikutsertakan penyandang cacat dalam kegiatan tersebut," ungkap Agus.

Data di Dinas Sosial Wonosobo menyebutkan, pada tahun 2012, jumlah anak putus sekolah tercatat 550 anak, terdiri dari SD/MI (125 anak), SMP/MTs (213), SMA/MA (140), dan SMK (72).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com