Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Model RSBI Diterapkan di Sekolah Negeri

Kompas.com - 11/01/2013, 21:28 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com- Pemerintah Kota Surabaya berusaha menerapkan konsep Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dan Sekolah Berstandar Internasional (SBI) di seluruh sekolah negeri. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas lulusan sekolah negeri mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Apalagi selama ini seluruh sekolah negeri di Surabaya bebas dari biaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Jumat (11/1/2013), menjelaskan, langkah Pemkot Surabaya tetap menjalankan konsep SBI dan RSBI bukan sikap menolak, untuk mencabut RSBI sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Justru, kata Risma, sekolah dengan standar internasional tidak hanya mencakup kurikulum seperti bahasa Inggris dan mata pelajaran lain, tapi bagaimana menanamkan pola pikir dan perilaku siswa di sekolah dengan standar internasional.

Dengan sistem internasional, ketika siswa dikirim ke luar negeri atau berinteraksi dengan orang asing, mereka tidak lagi kesulitan karena standar internasional sudah diterapkan sehari-hari di lingkup sekolah. Menurut Risma, realitanya RSBI nyaris sama dengan sekolah reguler, dan hanya porsi bahasa Inggris lebih besar, meskipun tidak terlalu signifikan.

Untuk itu, Pemkot Surabaya berencana menerapkan pola standar internasional tersebut di seluruh sekolah di Surabaya. "Untuk itu semua sekolah akan dilengkapi fasilitas penunjang belajar mengajar seperti yang sudah ada di RSBI," ujar Risma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com