Panja Kurikulum Belum Juga Terima Draf Kurikulum 2013

Kompas.com - 15/01/2013, 08:42 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Kerja (Panja) Kurikulum akan segera bekerja dengan menyelenggarakan rapat yang mengundang berbagai elemen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait kurikulum baru yang akan dijalankan pada Juli mendatang. Namun sayangnya dokumen resmi mengenai kurikulum hingga saat ini belum diterima para anggota Panja Kurikulum.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rohmani mengatakan bahwa pihaknya sedikit mengalami kesulitan dalam membahas rekomendasi untuk pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini. Pasalnya, dokumen resmi yang dijanjikan pemerintah akan diserahkan pada Senin (14/1/2013) ini belum sampai.

"Dokumen resmi saja belum kami terima hingga saat ini. Padahal janjinya Kemdikbud akan serahkan Senin ini. Ini kalau belum diserahkan bagaimana Panja mau kerja," kata Rohmani saat Rapat Dengar Pendapat dengan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) dan Majelis Pendidikan Kristen (MPK) di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Jakarta.

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan senada dari Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar Ferdiansyah. Pada saat Rapar Kerja yang digelar Kamis (10/1/2013) malam lalu, Kemdikbud menyatakan kesiapannya untuk menyerahkan dokumen resmi yang berbentuk grand design kurikulum pada Panja Kurikulum yang harus segera merumuskan rekomendasi.

"Waktu itu kan kami minta dokumen resmi disertai surat pengantar resmi agar tidak ada lagi kesalahan seperti dokumen sebelumnya yang dibilang tidak diketahui menteri. Mereka menyanggupi tapi ini belum ada," ungkap Ferdiansyah.

Ia mengungkapkan bahwa selama ini yang diterima oleh pihaknya hanya berupa paparan dalam bentuk powerpoint saja. Sementara detail dari penerapan kurikulum baru ini tidak pernah secara tertulis diberikan pada anggota legislatif.

"Bagaimana kami mau beri rekomendasi kalau bentuknya seperti apa saja kami belum pasti," tandasnya.


Berita terkait, baca :  KURIKULUM 2013

Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu!

Baca tentang
    Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
    Ikut


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X