Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Guru Monbukagakusho Berakhir 25 Januari Lho!

Kompas.com - 16/01/2013, 11:52 WIB

KOMPAS.com  Beasiswa Monbukagakusho ternyata tak hanya untuk para pelajar dan profesional muda. Beasiswa pemerintah Jepang ini juga dirancang khusus untuk para guru.

Setelah dibuka pada pertengahan November tahun lalu, pendaftaran beasiswa Monbukagakusho 2013 untuk para guru ini akan berakhir sembilan hari lagi. Jika Anda adalah seorang guru yang berkeinginan kuat untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai bidangnya di Jepang, beasiswa penataran guru ini harus dicoba.

Program non-gelar ini berlangsung selama 1 tahun 6 bulan, 6 bulan di antaranya digunakan untuk belajar bahasa Jepang. Program akan dimulai pada Oktober 2013.

Berminat mengikuti program ini? Kandidat harus sudah mengantongi gelar S-1 atau D-4 dan sedang aktif mengajar di SD, SMP, atau SMA/SMK, baik negeri maupun swasta. Paling tidak, kandidat yang mendaftar harus sudah memiliki pengalaman mengajar di institusi pendidikan formal minimal 5 tahun dan berusia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2013.

Semua bidang pelatihan ditawarkan, kecuali bidang studi Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan. Kandidat juga harus memberikan pernyataan bersedia belajar bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar dalam pelatihan nanti.

Beasiswa ini mencakup tiket pulang pergi Indonesia (Jakarta)-Jepang, biaya ujian masuk, biaya kuliah dan uang pendaftaran, tunjangan bulanan sebesar 150.000 yen per bulan, dan tempat tinggal berupa asrama.

Siapkan dokumen, berupa formulir aplikasi, pasfoto, fotokopi ijazah dan transkrip nilai, surat keterangan dari tempat mengajar, serta surat rekomendasi kepala sekolah mengenai kepribadian kandidat lalu serahkan atau kirimkan ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang Jalan M. H. Thamrin 24 Jakarta 10350. Tuliskan "Teacher Training 2013" pada amplop formulir.

Kandidat yang berstatus pegawai negeri sipil harus melapor dan menyerahkan fotokopi formulir keada Biro Kerja Sama Luar Negeri (BLKN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Informasi lebih lanjut bisa diperoleh di laman penawaran beasiswa Monbukagakusho ini atau dengan mengirimkan pertanyaan ke email beasiswa@dj.mofa.go.jp.

Jadi, tunggu apa lagi?

 

Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com