Kompas.com - 16/01/2013, 18:22 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Kerja (Panja) Kurikulum yang dibentuk oleh Komisi X DPR RI mempertanyakan pendidikan kewirausahaan yang tidak muncul dalam struktur kurikulum pendidikan dasar maupun pendidikan menengah pertama yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Anggota Panja Kurikulum, Zul Fadli, mengatakan bahwa pendidikan kewirausahaan ini semestinya muncul pada tiap jenjang pendidikan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dan Rencana Strategis (Renstra) Pendidikan 2010-2014.

"Jelas dalam Renstra maupun RPJMN kalau pendidikan wirausaha ini harus ada. Tapi saya baca ini (dokumen) tidak ada di SD atau SMP. Lalu kemana?" kata Zul saat Rapat Dengar Pendapat di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

"Padahal pendidikan wirausaha ini penting diajarkan sejak dini pada anak," imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan bahwa dalam konsep dan struktur kurikulum baru, anak-anak akan dikembangkan kreativitasnya. Hal ini sama dengan semangat yang diusung oleh pendidikan kewirausahaan yang bertujuan mengasah kreativitas anak.

"Untuk pendidikan di SD, kami ambil nilai pengembangan kreativitasnya. Karena kalau anak sudah bisa berkreativitas maka sudah bisa semua," ujar Musliar.

"Tapi kalau untuk menjalankan konsep kewirausahaan itu baru tingkat atas. Kalau SD belum konsepnya," imbuhnya.

Namun yang pasti, anak-anak pada jenjang SD ditargetkan memiliki tiga kompetensi inti yaitu attitude, skill dan knowledge. Menurutnya dengan tiga kompetensi inti ini, anak-anak akan mampu bersaing secara global dan sanggup mengembangkan kreativitas dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
Berita terkait, baca :  KURIKULUM 2013

Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.