Kompas.com - 17/01/2013, 21:38 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kalau kamu mahasiswa kreatif, silakan terima tantangan Schneider Electric yang tengah mengusung tema efisiensi energi. Seturut siaran pers yang diterima Kompas.com pada Kamis (17/1/2013), perusahaan pengelola energi asal Perancis itu menghelat kompetisi internasional bertajuk Go Green in The City.

"Melalui kompetisi ini, kami memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan energi global dan menciptakan ikatan kuat dengan kalangan muda berbakat dari seluruh dunia sebagai pemain utama pasar energi di masa depan,” ujar Riyanto Mashan, Country President Schneider Electric Indonesia.

Kompetisi ini mengajak mahasiswa Indonesia, baik S1 dan S2, dari jurusan bisnis maupun teknik untuk saling beradu kreativitas. Bentuknya adalah proposal mengenai solusi kreatif mengkonsumsi energi secara cerdas dan efisien. Setiap peserta terdiri dari 2 hingga maksimal 4 orang. Penting diingat, minimum 1 orang anggota tim adalah seorang perempuan.

Dari proposal yang terkumpul, Schneider Electric Indonesia akan memilih 7 tim yang akan bertanding dalam tahap final di Jakarta pada 16 April 2013. Nantinya, para finalis harus memberikan presentasi mengenai kasus bisnis maupun solusi efisiensi energi yang telah dikerjakan di hadapan dewan juri.

Tim terpilih akan mewakili Indonesia bertanding pada babak final melawan tim terpilih lainnya asal Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Final akan dilangsungkan di Jakarta pada 6 – 10 Mei 2013 guna memperebutkan gelar Juara East Asia. Sang Juara East Asia kemudian akan terus melaju berkompetisi dengan juara-juara negara kawasan lainnya di Perancis.

Total nilai hadiah Go Green in The City di Indonesia mencapai Rp. 60 juta untuk 3 tim pemenang. Tak cuma itu, para pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk wawancara kerja di Schneider Electric Indonesia.

Pendaftar tim dan keikutsertaan di Go Green in The City paling lambat tanggal 31 Januari 2013 dan dilakukan secara online melalui website Schneider Electric di www.schneider-electric.com/gogreeninthecity/id.

Kompetisi Go Green in The City diadakan secara global dan pertama kali diselenggarakan oleh Schneider Electric pada 2009 dan berlanjut setiap tahunnya. Sepanjang dua tahun silam, lebih dari 50 universitas di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Pada perlombaan tahun lalu, keluar sebagai juara mewakili Indonesia pada ajang South East Asia adalah tim dari ITS yang mengajukan proposal berjudul "Multi Step Scheduling, Smart Room, and Water Recycling".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.