Kompas.com - 22/01/2013, 15:05 WIB
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg, miliuner muda yang menjadi pemimpin situs jejaring sosial Facebook, merintis usaha sejak kuliah di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Nilai kekayaannya kini tercatat 10,2 miliar dollar AS atau setara Rp 97,1 triliun. Sebagai mahasiswa, dia berani memulai usaha. Apakah kita berani memulainya?

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, Agustus 2012, lulusan universitas yang sudah bekerja sebanyak 6,98 juta orang (6,30 persen) dan lulusan pendidikan diploma 2,97 juta orang (2,68 persen). Dari dulu hingga kini tak ada jaminan seorang sarjana langsung mendapat pekerjaan begitu mereka lulus. Salah satu penyebabnya adalah ketersediaan lapangan pekerjaan yang terbatas. Apalagi kini persaingan mendapat pekerjaan amat ketat.

Selain itu, rendahnya minat masyarakat untuk berwirausaha membuat mereka tetap mengejar pekerjaan kantoran. Tak heran jika di Indonesia relatif banyak penganggur intelektual, yang tingkat penyerapan kerjanya rendah, karena pekerjaan yang tersedia tak sanggup menampung lulusan perguruan tinggi yang minim keahlian dan keterampilan kerja.

Alasan itu yang mendasari pelaksanaan Unpad Brand Festival, Senin (17/12), oleh mahasiswa kelas sore Jurusan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung.

Acara bertema ”Yang Muda Yang Berkarya” ini merupakan kegiatan pameran usaha bagi kalangan wirausaha muda dengan status mahasiswa dan alumni Universitas Padjadjaran (Unpad). Peserta mempromosikan usahanya, baik berupa produk/barang, jasa, maupun kuliner dengan merek mereka sendiri.

Acara yang digelar di sekitar gerbang Unpad kampus Jatinangor ini relatif menyedot perhatian khalayak. Terbukti sejak pukul 09.00 hingga pukul 17.00, tak ada stan yang sepi meski lokasi acara diguyur hujan.

Antusiasme peserta pameran juga patut diacungi jempol. Dari pendaftaran yang dibuka selama dua minggu lewat jejaring sosial, terkumpul 200 pendaftar pameran. Namun, karena keterbatasan tempat, hanya bisa terealisasi 31 stan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Rencananya kami akan membuat acara ini lagi tahun depan. Acara yang lebih besar sehingga bisa menampung lebih banyak peserta,” kata Arya Aditya, Wakil Ketua Panitia Unpad Brand Festival.

Tugas kuliah

Konsep acara itu berawal dari tugas mata kuliah Public Relation Event. Setelah dilakukan survei kecil-kecilan, banyak mahasiswa Unpad yang kreatif dan punya merek usaha sendiri, tetapi belum ada wadahnya.

Kebanyakan pameran yang telah terlaksana untuk berjualan saja tanpa embel-embel merek. Jadi, inti acara ini adalah mengangkat merek dagang dari wirausaha para peserta pameran.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.