Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Kembangkan Sistem Kuliah "Online"

Kompas.com - 23/01/2013, 11:03 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tertarik untuk terus mengembangkan penerapan sistem kuliah online dengan materi yang selama ini diajarkan oleh dosen kepada mahasiswa. Rektor UNS Ravik Karsidi mengatakan, sejumlah mata kuliah sudah diajarkan secara online dengan masih dipadukan dengan pertemuan tatap muka, tetapi belum terintegrasi.

"Ya sementara kalau dihitung, UNS sudah menerapkan sebanyak 374 mata kuliah online," katanya, di kampus UNS, Kentingan, Kota Solo, Rabu.

Jumlah mata kuliah yang menerapkan sistem kuliah online itu, ungkapnya, memang belum mencapai sepertiga dari total mata kuliah yang diajarkan. Namun, Ravik mengatakan bahwa UNS akan terus mengembangkan sistem kuliah ini.

UNS terus mengkaji sistem perkuliahan online agar bisa diterapkan secara efektif. Ravik mengakui bahwa sistem kuliah secara online baru berupa konvensi antara dosen dan mahasiswa untuk menjawab kebutuhan belajar-mengajar di kampus.

Namun, sistem ini, lanjutnya, memang menghasilkan efisiensi pengeluaran, baik untuk mahasiswa maupun untuk dosen. Dosen tak perlu lagi mencetak bahan ajar, sedangkan mahasiswa tidak perlu membeli atau memfotokopi bahan ajar tersebut.

Ravik mengatakan, mata kuliah online bisa disampaikan secara blanded learning. Artinya, sistem kuliah online bisa dicampur dengan pengajaran yang selama ini dijalankan, yaitu secara tatap muka.
 
"Dengan kata lain, saling melengkapi antara online dan tatap muka," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com