Kompas.com - 01/02/2013, 18:44 WIB
Penulis M Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional (Unas) menyatakan telah merancang komitmen untuk mengubah haluan dari teaching university menjadi research university. Salah satu langkah kongkritnya dibuktikan dengan menjalin kerjasama dengan Rutgers University, Amerika Serikat.

Prof. Erin Vogel, profesor bidang antropologi dari The School of Art and Sciences, Rutgers University mengatakan, pihaknya tertarik menjalin kerjasama dengan Unas dalam rangka penguatan kurikulum Biologi di Unas. Sampai saat ini, Unas menjadi salah satu rantai proyek lapangan di Kalimantan sebagai pusat studi primata, baik perlindungan habitat maupun pelestarian hutan.

Erin mengatakan, sebagai pemenang dana hibah federal sebesar 995.500 dolar AS dari The United States Agency for International Development (USAID) melalui Kedutaan Besar AS, Rutgers University bermaksud mengembangkan kemitraan khusus dengan universitas besar di Indonesia. Dari beberapa universitas negeri maupun swasta di Indonesia, pilihannya jatuh kepada Unas. 

"Dana tersebut akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa S-1 dan S-2 Indonesia yang ingin melakukan penelitian bekerjasama dengan mahasiswa S-3 Rutgers University dan akan membuka kesempatan untuk belajar di luar negeri atau proyek pembelajaran layanan Internasional bagi mahasiswa Rutgers," ujar Erin dalam siaran pers kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (1/2/2013). 

Terkait hal tersebut, para peneliti beserta tim Unas dijadwalkan berangkat ke AS pada 2-11 Febuari 2013. Selama 8 hari bertandang ke Rutgers University, delegasi Unas akan bertemu dengan beberapa pimpinan dan peneliti perguruan tinggi tersebut, antara lain Dekan Program Internasional School of Environmental & Biological Sciences, Lily Young, Koordinator Program Internasional School of Environmental & Biological Sciences, dan Wakil Presiden Global & International Affairs Rutgers University untuk melakukan workshop bersama.

Workshop ini dilaksanakan untuk membicarakan rencana pertahun, khususnya tahun 2013/2014. Selain itu, pada pertemuan tersebut juga akan merumuskan agenda-agenda penelitian dalam periode 2013-2015, termasuk penyeleksian mahasiswa Unas, baik S-1 dan S-2 yang akan mendapat bantuan beasiswa belajar sampai diskusi terkait program doktor bagi mahasiswa Unas dan Rutgers University.

"Goal dari workshop ini adalah membicarakan rencana kerjasama yang sedianya akan dilakukan selama tiga tahun. Pada kesempatan ini kami akan fokus membicarakan tentang rencana kerjasama dan monitoring serta evaluasi program di 2013/2014," kata Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri Universitas Nasional, Dra Inez Sapteno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.