Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unas dan Rutgers University Galang Kerjasama

Kompas.com - 01/02/2013, 18:44 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional (Unas) menyatakan telah merancang komitmen untuk mengubah haluan dari teaching university menjadi research university. Salah satu langkah kongkritnya dibuktikan dengan menjalin kerjasama dengan Rutgers University, Amerika Serikat.

Prof. Erin Vogel, profesor bidang antropologi dari The School of Art and Sciences, Rutgers University mengatakan, pihaknya tertarik menjalin kerjasama dengan Unas dalam rangka penguatan kurikulum Biologi di Unas. Sampai saat ini, Unas menjadi salah satu rantai proyek lapangan di Kalimantan sebagai pusat studi primata, baik perlindungan habitat maupun pelestarian hutan.

Erin mengatakan, sebagai pemenang dana hibah federal sebesar 995.500 dolar AS dari The United States Agency for International Development (USAID) melalui Kedutaan Besar AS, Rutgers University bermaksud mengembangkan kemitraan khusus dengan universitas besar di Indonesia. Dari beberapa universitas negeri maupun swasta di Indonesia, pilihannya jatuh kepada Unas. 

"Dana tersebut akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa S-1 dan S-2 Indonesia yang ingin melakukan penelitian bekerjasama dengan mahasiswa S-3 Rutgers University dan akan membuka kesempatan untuk belajar di luar negeri atau proyek pembelajaran layanan Internasional bagi mahasiswa Rutgers," ujar Erin dalam siaran pers kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (1/2/2013). 

Terkait hal tersebut, para peneliti beserta tim Unas dijadwalkan berangkat ke AS pada 2-11 Febuari 2013. Selama 8 hari bertandang ke Rutgers University, delegasi Unas akan bertemu dengan beberapa pimpinan dan peneliti perguruan tinggi tersebut, antara lain Dekan Program Internasional School of Environmental & Biological Sciences, Lily Young, Koordinator Program Internasional School of Environmental & Biological Sciences, dan Wakil Presiden Global & International Affairs Rutgers University untuk melakukan workshop bersama.

Workshop ini dilaksanakan untuk membicarakan rencana pertahun, khususnya tahun 2013/2014. Selain itu, pada pertemuan tersebut juga akan merumuskan agenda-agenda penelitian dalam periode 2013-2015, termasuk penyeleksian mahasiswa Unas, baik S-1 dan S-2 yang akan mendapat bantuan beasiswa belajar sampai diskusi terkait program doktor bagi mahasiswa Unas dan Rutgers University.

"Goal dari workshop ini adalah membicarakan rencana kerjasama yang sedianya akan dilakukan selama tiga tahun. Pada kesempatan ini kami akan fokus membicarakan tentang rencana kerjasama dan monitoring serta evaluasi program di 2013/2014," kata Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri Universitas Nasional, Dra Inez Sapteno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com