Kompas.com - 04/02/2013, 22:12 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski uang pangkal untuk perkuliahan di perguruan tinggi negeri (PTN) ditiadakan, uang kuliah per semester tetap wajib ditanggung oleh para mahasiswa. Namun, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengharapkan PTN tidak akan menaikkan lagi uang kuliah per semester.

Kenaikan besaran uang kuliah, lanjutnya, biasanya terjadi akibat kondisi sosial ekonomi di daerah masing-masing, seperti inflasi dan kenaikan upah minimum provinsi (UMP).

"Uang kuliah tidak akan naik lagi harapannya. Biasanya PTN menaikkan biaya kuliah karena ada inflasi atau UMP naik," kata Djoko di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Untuk mengantisipasi PTN menaikkan uang kuliah secara signifikan, pihaknya telah membuat tim untuk menentukan harga satuan berdasarkan program studi, wilayah PTN, dan karakteristiknya. Ditargetkan susunan daftar harga satuan ini akan segera selesai akhir Februari ini dan dapat disebarluaskan kepada publik.

"Februari ini nanti akan selesai unit cost atau harga satuan per prodi, per wilayah, dan karakteristik lainnya," jelas Djoko.

"Nah uang kuliah ini tidak boleh melebihi unit cost. Kalau sampai melebihi unit cost nanti akan diusut kenapa bisa begitu," imbuh Djoko.

Salah satu langkah agar uang kuliah ini juga tidak memberatkan mahasiswa maka muncul Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mulai diterapkan pada tahun akademik 2013/2014 mendatang. UKT ini hanya dibayarkan sekali per semester dan mahasiswa tidak akan lagi ditarik biaya di luar itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"UKT ini hanya dibayarkan sekali saja per semester. Jadi, kalau mau praktikum atau wisuda ini tidak akan tambah lagi," tandasnya.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.