Kompas.com - 06/02/2013, 19:36 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - SMA Negeri 84 Jakarta membenarkan bahwa para siswa kelas XII di sekolahnya tidak dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Hal ini dikarenakan ada satu siswa yang diketahui memasukkan nilai yang tidak sesuai dengan rapor asli.

Kepala Sekolah SMA Negeri 84 Jakarta, Puji Raharjo, mengatakan bahwa siswa tersebut didapati menuliskan nilai yang tidak sama dengan rapor asli saat mendaftar SNMPTN pada 2012 lalu. Sementara pihak sekolah mengaku bahwa data yang dimasukkan untuk kemudian diverifikasi siswa tersebut sesuai dengan rapor aslinya.

"Prosedur yang ada kami jalankan dengan baik. Tapi memang anak ini saat diminta menuliskan nilai, yang dimasukkan berbeda dengan rapor asli," kata Puji kepada Kompas.com, Rabu (6/2/2013).

Kendati demikian, ia menyayangkan sikap dari Panitia SNMPTN dan pihak universitas yang tidak mengidentifikasi hal tersebut saat daftar ulang. Padahal semestinya, saat proses daftar ulang universitas yang bersangkutan dapat memeriksa ulang data asli dengan yang dimasukkan melalui online sehingga tidak berlarut-larut seperti ini.

"Harusnya kan bisa klarifikasi di awal saat anak tersebut daftar ulang. Tapi ini tidak," jelas Puji.

"Siswa ini bahkan sudah menjalani perkuliahan selama setahun dan sampai saat ini masih," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.