Kompas.com - 06/02/2013, 20:02 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak SMA Negeri 84 Jakarta ingin melakukan klarifikasi terkait sanksi larangan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Sekolah berharap ada waktu duduk bersama antara pihak universitas, panitia SNMPTN dan juga siswa yang dinilai telah melakukan kecurangan pendaftaran SNMPTN tahun lalu untuk meluruskan duduk perkaranya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 84 Jakarta, Puji Raharjo, mengatakan bahwa berdasarkan penelusuran diketahui ada kesalahan yang dilakukan siswanya saat mengisi nilai untuk mendaftar SNMPTN tahun lalu. Untuk itu, pihaknya membutuhkan klarifikasi lagi dengan duduk bersama antara pihaknya, anak yang bersangkutan, pihak universitas dan panitia SNMPTN.

"Kami minta ada klarifikasi bersama semacam itu sehingga jelas duduk perkaranya," kata Puji kepada Kompas.com, Rabu (6/2/2013).

Sejauh ini, pihaknya sudah melayangkan surat permohonan tersebut pada pihak universitas dan panitia SNMPTN. Kemudian dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga sudah membantu dengan mengirim surat pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) supaya ada keringanan bagi siswa kelas XII yang hendak mengikuti SNMPTN 2013.

Ia juga menyayangkan langkah klarifikasi terhadap dokumen siswa yang bersangkutan tidak dilakukan saat awal daftar ulang sehingga dampak yang ditimbulkan menjadi berlarut-larut. Pihak sekolah sendiri baru mengetahui informasi sekolahnya masuk daftar hitam dan tidak diperbolehkan ikut SNMPTN pada akhir tahun lalu.

"Kami baru diiinformasikan pada akhir tahun lalu kalau tidak bisa ikut SNMPTN. Sekarang yang kami usahakan adalah meminta klarifikasi tersebut," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.