Kompas.com - 07/02/2013, 21:00 WIB
EditorBenny N Joewono

DUMAI, KOMPAS.com - PT Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai, Propinsi Riau menyalurkan bantuan beasiswa pendidikan bagi sebanyak 283 pelajar SD, SMP dan SMA serta 27 mahasiswa D4 dan S1.

Total bantuan dana pendidikan yang disalurkan ini sebanyak Rp387 juta dan seremoni penyerahan dilakukan oleh Wakil Walikota Dumai Agus Widayat dan Senior Manager PT Pertamina Eko Wahyo, Kamis (7/2/2013).

Menurut Senior Manager Pertamina RU II, Eko Wahyo, bantuan ini merupakan salah satu bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di bidang pendidikan dan diperuntukkan bagi siswa kurang mampu.

Dia menjelaskan, proses pemilihan siswa kurang mampu yang akan menerima bantuan diserahkan ke pihak Dinas Pendidikan setempat dengan tujuan supaya tidak tumpang tindih data penerima bantuan pendidikan lainnya.

"Beasiswa ini merupakan kegiatan CSR tahunan perusahaan untuk para siswa yang berhak dan berasal dari keluarga kurang mampu, berdasarkan data penunjukkan Dinas Pendidikan setempat," kata Eko dihadapan orangtua penerima.

Dia merincikan, untuk sekolah tingkat SD diberikan beasiswa pendidikan kepada 133 murid yang bersekolah 10 SD tersebar di kota Dumai dengan total dana sebesar Rp 99,75 juta.

Kemudian di tingkat SMP diberikan kepada 100 siswa di tujuh sekolah senilai Rp 100 juta dan jenjang SMA diberikan kepada 50 siswa di tujuh sekolah sebesar Rp 71,25 juta.

Perusahaan kilang minyak nasional ini juga memberikan beasiswa kepada 27 mahasiswa D4 dan S1 dengan total nilai bantuan sebesar Rp 116,4 juta. Beasiswa D4 dan S1 ini disalurkan dua jalur, yaitu jalur kurang mampu sebanyak lima orang dan jalur prestasi kepada 22 mahasiswa.

"Bantuan ini bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar wilayah operasional RU II Dumai dan kita harapkan mampu mendukung program Pemerintah Kota Dumai dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan," terangnya.

Wakil Walikota Dumai Agus Widayat berharap penerima bantuan belajar ini dapat memanfaatkan dengan baik dengan disertai peningkatan prestasi akademik.

"Kita mengapresiasi perusahaan yang telah peduli membantu pendidikan masyarakata Dumai, dan meminta juga kepada sekolah untuk menyalurkan sesuai dengan yang sudah dibantu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.