Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang terhadap Ijazah Palsu Tak Boleh Berhenti

Kompas.com - 08/02/2013, 18:53 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) menegaskan tak berhenti untuk memberantas keberadaan bisnis ijazah palsu yang diam-diam terus bergerak. Tahun lalu, pihaknya bahkan melanjutkan kasus ini kepada yang berwajib dan berhasil menangkap tiga pembuat ijazah palsu melalui dunia maya.

Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI, Illah Sailah, mengatakan bahwa kasus ijazah palsu ini masuk ranah pidana sehingga penyelesaiannya dilimpahkan pada pihak kepolisian. Namun dalam melakukan penelusuran terhadap para pembuat ijazah palsu ini tetap dilakukan pihaknya.

"Kami berusaha terus memberantas hal semacam ini. Tadi ini tidak mudah karena pergerakan para pembuat ijazah palsu ini tak terstruktur tapi masif," kata Illah kepada Kompas.com, Jumat (8/2/2013).

Ia juga menjelaskan bahwa ijazah tersebut secara kasat mata memang tidak bisa dibedakan begitu saja. Menurutnya, hanya pihak universitas yang bersangkutan yang bisa membedakan mana ijazah palsu atau ijazah asli. Pasalnya, format dan logo itu langsung berada di tangan perguruan tinggi tersebut dan kemudian dicetak oleh Peruri.

"Hanya Perguruan Tinggi bersangkutan yang tahu bagaimana membedakannya. Apalagi untuk keperluan pekerjaan atau melanjutkan studi kan hanya fotokopi," ungkap Illah.

Pemalsuan ijazah ini sendiri tidak tanggung-tanggung hanya untuk mencari kerja saja. Ada yang nekat juga menggunakan ijazah palsu untuk sekolah di luar negeri yang akhirnya berakibat fatal pada mahasiswa asal Indonesia lain yang ingin melanjutkan studi di sana.

"Ada ijazah palsu yang ketauan di luar negeri. Akibatnya waktu itu ada yang melampirkan ijazah tanpa dilegalisir tidak diperbolehkan. Harus legalisir semuanya," tandasnya.

Jasa pembuatan ijazah abal-abal tidak juga mati. Kemarin diberitakan, sebuah jasa pembuatan ijazah palsu terang-terangan menjajakan jasanya melalui situs di internet. PT Mitra Consultant terang-terangan menawarkan jasa pembuatan ijazah dari berbagai perguruan tinggi (Baca: Terang-terangan Jual Ijazah Palsu di Internet (1)). Tidak hanya dari berbagai universitas, perusahaan ini juga bersedia membuat ijazah dari semua jenjang, baik D-3 hingga S-3.

Tak tanggung-tanggung, mereka juga melayani pelanggan yang ingin memiliki ijazah tidak dari jurusannya, misalnya lulusan jurusan keperawatan berpindah menjadi lulusan jurusan kedokteran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com