Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Ini Terakhir Sekolah Masukan Data ke PDSS

Kompas.com - 08/02/2013, 19:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Panitia Pelaksana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 Prof Rochmat Wahab mengatakan, Jumat ini merupakan hari terakhir sekolah memasukkan data siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

"Hari ini, menjadi hari terakhir sekolah untuk memasukkan data ke PDSS. Pendaftaran sudah dibuka sejak 17 Desember lalu," ujar Rochmat kepada Antara di Jakarta, Jumat (8/2/2013).

Pengisian data sekolah tersebut adalah salah satu persyaratan agar siswa sekolah itu dapat menjadi peserta SNMPTN. Setelah pihak sekolah melakukan pengisian, dilanjutkan dengan pendaftaran SNMPTN oleh siswa yang dibuka dari 1 Februari hingga 8 Maret.

Dia menambahkan, terdapat beberapa kendala oleh sekolah yakni kesulitan dalam mengisi nomor pokok sekolah dan kurangnya sosialisasi. Oleh sebab itu, pihak panitia mengerahkan perguruan tinggi untuk melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah.

Bahkan, sekolah yang tidak mempunyai akses internet dibantu dengan disediakannya modem dan komputer yang dibawa oleh pihak panitia. Sehingga sekolah bisa langsung mendaftar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana sekolah yang berhak mendaftar hanya sekolah yang terakreditasi, maka pada tahun ini semua sekolah baik yang terakreditasi ataupun tidak, berhak untuk mendaftar SNMPTN.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Profesor Akhmaloka menyebutkan, jumlah sekolah yang mendaftar lebih banyak satu setengah kali lipat dibandingkan jika dibandingkan pendaftar pada 2012.

SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Sebanyak 61 PTN mengikuti program SNMPTN dengan jumlah kuota sekitar 160.000 kursi.

Penerimaan masuk PTN dibagi menjadi tiga seleksi yakni SNMPTN dengan porsi minimal 50 persen, kemudian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan porsi minimal 30 persen, dan sisanya melalui ujian mandiri.

Seleksi SNMPTN tidak dilakukan melalui tes tertulis, melainkan diseleksi langsung oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com