Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Bertarung di Kancah Global

Kompas.com - 12/02/2013, 10:35 WIB
Dedi Muhtadi

Penulis

 

BANDUNG,KOMPAS.com-PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menyatakan telah siap melakukan international expansion. Telkom Corporate University telah menghasilkan para Global Talent yang siap menangani dan bersaing di kancah Global.

Itulah Learning Fokus 2013 Telkom yang dijelaskan Operation Vice President Public Relations PT Telkom Indonesia Tbk Arif Prabowo di Bandung Selasa (12/2/2013). Learning Fokus 2013 itu telah disahkan dalam sidang senat terbuka Telkom Corporate University (CorpU) di Bandung oleh Direktur Utama PT Telkom Tbk Arief Yahya tanggal 1 Februari lalu,  .

Sejak diluncurkan 28 September 2012 lalu, Telkom Corporate University (CorpU) melalui global talent program telah menghasilkan sebanyak 109 global talent. Sedangkan program international certification menghasilkan 363 orang lulusan yang berarti pencapaian 121 persen dari target awal hanya 250 orang.

"Para lulusan CorpU saat ini menduduki berbagai posisi penting terutama mengembangkan bisnis Telkom yang ada luar negeri," jelas Arief Yahya. Para lulusan tersebut memiliki kompetensi beragam, mulai dari teknologi informasi, investasi hingga international marketing & sales.

Telkom memang aktif membuka perwakilan dan mengembangkan berbagai bisnis internasional, seperti di Hongkong, Timor Leste, Australia, Singapura, Malaysia dan sebentar lagi di Myanmar. Berkat CorpU, Telkom meraih penghargaan sebagai "The Best Inovasi SDM Terbaik: Center of Excellence dengan Metodologi CorpU" dan CLO Megazine Gold Award di bidang Technology Learning.

Melihat perkembangan saat ini dimana, para jebolan CorpU mampu memainkan peran penting dalam pengembangan bisnis internasional Telkom, Arief Yahya berkeyakinan CorpU telah berada pada jalur yang benar.

Oleh karenanya melalui global talent program (GTP) 2013, Dirut Telkom memprogramkan dapat mencetak 1.000 karyawan yang memiliki kualifikasi global. Ditegaskan pula, posisi penting ataupun leader di lingkungan Telkom nantinya hanya akan diisi oleh lulusan CorpU.

Menurut Arief Yahya, Telkom akan semakin fokus mengembangkan bisnis-bisnis baru, tidak hanya di dalam negeri tetapi terutama bisnis internasional. Ini sejalan dengan instruksi Menteri BUMN, agar Telkom mengembangkan bisnis di kawasan regional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com