Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16.839 Pelajar SD Siap Hadapi Ujian Nasional

Kompas.com - 13/02/2013, 18:11 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak 16.839 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) di Pekanbaru, Riau, dikabarkan telah siap untuk mengahapi ujian nasional (UN) pada Mei 2013 mendatang.

"Ribuan siswa dan siswi ini merupakan pelajar dari sekolah negeri maupun swasta yang ada di Pekanbaru," kata Kepala Seksi (Kasi) Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Bustami di Pekanbaru, Rabu siang (13/2/2013).

Saat ini di Kota Pekanbaru menurut data Dinas Pendidikan setempat, terdapat sebanyak 184 sekolah setingkat sekolah dasar negeri dan 58 SD swasta dengan total jumlah murid yang berada pada semester akhir yakni mencapai 16.839 orang.

"Merekalah yang akan mengikuti ujian nasional mendatang. Kami mengharapkan mereka telah siap hingga tingkat ketidak lulusan bisa nihil," kata Bustami.

Munurut Bustami, persiapan ujian nasional bagi tiap-tiap sekolah dasar di Pekanbaru, sudah baik mengingat telah dilakukanya penambahan pembekalan belajar bagi murid-murid SD di luar jam sekolah. "Seperti bimbingan belajar luar sekolah yang di berikan langsung oleh guru-guru selepas pulang sekolah dan masih banyak lagi," katanya.

Kemudian adapula program bulanan yang dilakukan oleh Disdik Pekanbaru dimana kegiatan ini juga membahas tentang kelancaran proses belajar mengajar. "Semua program ini adalah tentang kesiapan para kepala sekolah dan guru-guru SD dalam menghadapi ujian nasioanl 2013," katanya.

Untuk kesiapan para guru-guru SD di Pekanbaru menurut dia telah cukup matang mengingat standar pendidikan guru sekarang ini telah bagus atau minimal telah mengecap pendidikan Strata satu (S1).

Menurut dia, program pemerintah bagi pendidikan guru selama tiga tahun belakangan ini juga berjalan baik, sehingga banyak guru-guru yang berpendidikan Strata dua (S2).

Pemerintah memberikan dana pendidikan atau semacam beasiswa bagi guru-guru yang lulus tes Diknas, untuk dapat mengembangkan pendidikanya pada jenjang berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com