Kompas.com - 16/02/2013, 15:41 WIB
Penulis M Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - "Demam Korea" di Indonesia rupanya masih terus berlangsung. Bukan hanya mampu menarik hati masyarakat Indonesia untuk mengikuti penampilannya, bahasa dan budaya lainnya yang dimiliki oleh negeri gingseng itu pun menumbuhkan keinginan mahasiswa atau pelajar Indonesia untuk mempelajarinya.

Peluang tersebut juga dimanfaatkan oleh Akademi Bahasa Asing Nasional (ABANAS) Program Studi Bahasa Korea. Terbukti, sejak tahun 2012, ABANAS sukses menggandeng Chung Ang University, Korea Selatan, dalam rangka kerjasama melalui pertukaran budaya dan bahasa.

"Tren Korea di sini (Indonesia) semakin marak dan kami sendiri membuktikannya, yaitu ada peningkatan jumlah mahasiswa baru cukup signifikan," ujar Kepala Program Studi Bahasa Korea, Drs DS Suranto, ihwal penutupan program Chung Ang University Volunteers for Indonesia di Kampus Unas, Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (16/2/2013).

Pada 2011, Unas menerima calon mahasiswa sebanyak 15 orang. Kemudian pada 2012, jumlah itu naik menjadi 32 mahasiswa.

"Ini memperlihatkan minat calon mahasiswa terhadap budaya dan bahasa Korea sangat tinggi," kata Suranto.

Lebih lanjut, Suranto memaparkan, bahwa jalinan kerjasama antara ABANAS dan Chung Ang University, Korea, ini akan terus berlanjut sampai pada tahap pertukaran mahasiswa. Sejauh ini, dia mengakui, kerjasama baru pada batas dasar penjajakan melalui pertukaran budaya dan bahasa.

"Agar dasar terjalinnya kerjasama menjadi kuat, karena semua harus diawali dengan saling memahami satu sama lain, dan di tahun-tahun selanjutnya kami berharap akan ada pertukaran mahasiswa atau dosen," imbuh Suranto.

Pada program kerjasama tersebut, mahasiswa ABA Korea bertukar budaya Indonesia dengan 45 mahasiswa Korea, Chung Ang University. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan tarian kipas Korea, seni tulis bahasa Korea, tarian Poco- poco, Tari Saman, hingga pelatihan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung.

Bukan hanya itu. Dalam lawatan kedua kalinya sejak 5-14 Februari 2013, para mahasiswa Chung Ang University itu juga melakukan kegiatan sosial ke sejumlah sekolah dasar dan panti asuhan di lingkungan kampus Unas.

"Satu nilai terpenting yang perlu kita pelajari dari warga Korea itu adalah ketekukan dan kerajinannya. Saya sangat iri melihat mahasiswa Korea yang begitu rajin berlatih dan tekun, dan mereka benar-benar menggunakan waktu dengan sangat baik," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.