Guru Pelatih Diverifikasi Daerah

Kompas.com - 19/02/2013, 03:59 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Pelatihan praktik pelaksanaan Kurikulum 2013 bagi guru akan dilaksanakan April-Mei 2013. Pelatihan bagi guru inti atau guru pelatih akan dilakukan seminggu pada awal April. Adapun pelatihan massal bagi 712.947 guru kelas I, IV, VII, dan X dilakukan dalam paket 52 jam atau selama lima hari pada Mei atau Juni saat libur sekolah akhir tahun ajaran.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan hal itu seusai diskusi publik Kurikulum 2013 dalam rangka HUT Ke-45 Fraksi Partai Golkar DPR, Senin (18/2), di Jakarta. ”Pelatihan pas libur sekolah supaya waktu produktif mengajar guru tidak terganggu. Nanti pelatihannya di ruang-ruang kelas di sekolah,” kata Nuh.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud Syawal Gultom menambahkan, sebelum pelatihan pihaknya akan menyeleksi guru inti yang terdiri dari guru berprestasi dan guru yang pernah atau sering menjadi pelatih guru. Data itu kemudian akan diverifikasi oleh kabupaten/ kota sehingga terpilih 46.213 total guru inti yang akan dilatih oleh 3.456 instruktur nasional.

”Selain verifikasi data guru, daerah juga bisa menambah guru-guru yang bisa menjadi guru inti,” kata Syawal.

Dalam pelatihan 52 jam secara paralel di seluruh Indonesia itu, kata Nuh, guru akan memperoleh konsep Kurikulum 2013, alasan perubahan, hingga pemahaman buku pegangan dan cara mengajar dengan metode tematik integratif. Setelah teori, guru akan praktik yang dilanjutkan dengan pendampingan di ruang kelas pada pertengahan Juli 2013.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistiyo mengingatkan, kualitas guru yang tidak sama bisa menjadi masalah. (LUK)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X