Kompas.com - 23/02/2013, 01:38 WIB
EditorBenny N Joewono

DENPASAR, KOMPAS.com — Rektor Universitas Udayana (Unud), Prof Dr Made Bakta, mengatakan, pihaknya akan melanjutkan pemberlakuan uang kuliah tunggal pada mahasiswa baru kelas reguler tahun akademik 2013/2014.

"Mahasiswa baru untuk kelas ekstensi dan pascasarjana tidak terkena biaya kuliah tunggal karena masih mengacu pada sistem pembayaran yang lama," katanya di sela-sela acara sosialisasi bakal calon rektor Unud, di Denpasar, Jumat (22/2/2013).

Ia menyampaikan, penerapan pembayaran uang kuliah tunggal sesuai dengan aturan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan nanti mereka akan membuat standar berapa biaya mahasiswa itu.

"Jika ternyata biaya yang kami tetapkan lebih dari standar Dikti, akan kami turunkan. Tetapi, kalau kurang, nanti akan diberikan subsidi oleh Dikti," ujarnya.

Menurut dia, dengan sistem uang kuliah tunggal, justru akan meringankan mahasiswa karena sumbangan pengembangan institusi (SPI), yang sebelumnya harus dibayarkan di awal kuliah, menjadi dapat dicicil beberapa semester bersama dengan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dan pembayaran uang sistem kredit semester (SKS).

"Misalnya, di Fakultas Kedokteran, awalnya harus membayar SPI sebesar Rp 25 juta di awal, tetapi sekarang dibagi menjadi beberapa semester," ujarnya.

Universitas Udayana, jelas dia, telah memberlakukan kebijakan uang kuliah tunggal (UKT) selama setahun terakhir dan secara prinsip tampak tidak ada penolakan dari mahasiswa. "Pada awal-awalnya memang sempat ada resistensi, namun akhirnya tidak setelah kami mengadakan sosialisasi," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan, sesungguhnya tidak ada kenaikan yang signifikan dengan pemberlakuan UKT. Sebelumnya, sempat terjadi kenaikan biaya kuliah antara 8-24 persen. Namun, untuk mahasiswa baru mendatang, kemungkinan tidak ada kenaikan lagi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.