Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Puluhan Ribu Siswa SD Ikuti Olimpiade Sains

Kompas.com - 24/02/2013, 20:06 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-   Sebanyak 87.656 siswa SD dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam pelaksanaan olimpiade sains kuark (OSK) ketujuh.

Pelaksanaan babak awal OSK dilaksanakan di 33 provinsi secara serentak. Pelaksanaan Olimpiade Sains Kuark (OSK) yang digagas Majalah Kuark, majalah komik sains untuk siswa SD, ini untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia pada sains.

Penyelenggaraannya terbuka bagi semua siswa SD, baik yang berprestasi maupun yang biasa-biasa saja. Peserta bisa diusulkan dari perwakilan sekolah maupun inisiatif pribadi.

Siswa SD di berbagai daerah yang dibagi dalam tiga level, yakni Level I (kelas I-II), level 2 (kels III - IV), dan level 3 (kelas V-VI SD) ini mengerjakan soal-soal pilihan ganda teori sains.

Di sejumah sekolah juga menggelar acara yang meriah dengan menghadirkan percobaan sains yang asyik dan menyenangkan. Sanny Djohan, pimpinan PT Kuark International, di Jakarta, Minggu (27/2), mengatakan pembukaan OSK dipusatkan di Kota dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Sabtu lalu.

Guru-guru SD di daerah ini juga punya kesempatan untuk mendapakan pengayaan pendidikan sains yang disampaikan Professor Yohanes Surya.

Menurut Sanny, selama ini pelaksanaan OSK ini sudah menjangkau 400.000 siswa di 33 provinsi. Bahkan, siswa dari daerah terpencil yang dijangkau Gerakan Indonesia Mengajar tiap tahun antusias untuk mengikuti OSK.

"Semua anak Indonesia punya kesempatan yang sama untuk menggali potensi dirinya. Karena itu, OSK ini jadi ajang bagi semua anak untuk merasakan kompetisi sains yang asyik. Anak-anak perlu didorong untuk berani ikut kompetisi supaya mereka punya pengalaman untuk mencapai yang terbaik dalam hidup," kata Sanny.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com