Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Kursus Bahasa Asing, Simak 3 Hal Penting Ini

Kompas.com - 28/02/2013, 13:13 WIB
Riana Afifah

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Jika ingin meraih kemampuan bahasa Inggris yang baik untuk Anda atau anak-anak, maka pilihlah tempat belajar bahasa Inggris yang baik pula. Asal-asalan memilih tentu tak akan berdampak maksimal bagi kemampuan dan penguasaannya terhadap bahasa asing.

Head of Marketing Wall Street Institute Indonesia, Grace Chandra, mengungkapkan bahwa untuk memaksimalkan hasil yang didapat, mendaftarlah di tempat kursus bahasa Inggris yang bisa mempertajam kemampuan dan mendorong penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Memilih tempat kursus yang tepat itu penting. Karena jika tidak sesuai dengan yang diharapkan maka hasilnya juga tidak akan seperti harapan," kata Grace saat Peresmian cabang keenam Wall Street Institute di Mall Alam Sutera, Serpong, Selasa (26/2/2013).

Menurut Grace, ada tiga hal penting yang patut dijadikan pertimbangan untuk memilih tempat kursus bahasa Inggris agar hasil yang diperoleh sesuai dengan keinginan. Apa saja?

1. Kualitas tempat kursus
Mutu dari sebuah tempat kursus dapat dilihat dari citra positif perusahaan yang biasanya dibicarakan dari mulut ke mulut oleh para jebolan tempat kursus ini. Selain itu, tempat kursus dengan mutu baik tentunya juga mendapat pengakuan dari berbagai pihak baik tempat bekerja atau sekolah di luar negeri.

"Citra perusahaan ini terbentuk dari persepsi masyarakat tentang brand tersebut. Sehingga dengan banyaknya testimoni positif tentunya sudah dapat diperkirakan bagaimana kualitas tempat tersebut," jelas Grace.

2. Kemudahan dan kenyamanan dalam belajar
Kemudahan terkait dengan lokasi tempat kursus tersebut yaitu mudah dijangkau dari rumah atau sekolah atau tempat kerja sehingga siswa juga tidak merasa terbebani saat akan berangkat ke tempat kursus.

Sedangkan kenyamanan berkaitan dengan suasana kelas yang kondusif saat belajar. Untuk efektivitas belajar, memang lebih baik memilih tempat kursus yang menawarkan kelas kecil dengan isi empat hingga enam orang daripada kelas besar yang isinya hingga puluhan orang.

3. Pelayanan yang baik
Pelayanan terkait dengan metode pembelajaran di tempat kursus tersebut dan ketersediaan pengajar berkualitas. Apabila sasarannya untuk usia anak sekolah maka ada baiknya memilih tempat yang menawarkan metode pembelajaran interaktif dengan permainan.

Namun jika bagi yang sudah bekerja atau kuliah maka sebaiknya pilih tempat yang mampu menyesuaikan dengan jadwal harian yang padat sehingga siswa tidak merasa terikat dan fleksibel kapan saja ingin belajar. Untuk pengajar, akan lebih baik memilih tempat kursus yang menyediakan pengajar native speaker.

"Pengajar asing ini memang dijadikan patokan bagi orang saat memilih tempat kursus. Cara pengajaran juga tak kalah penting. Harus pilih yang sesuai kebutuhan," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com