Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

42 Sekolah Kotim Gelar Uji Kemampuan Siswa

Kompas.com - 28/02/2013, 18:37 WIB

SAMPIT, KOMPAS.com - Sedikitnya 42 sekolah SMA/SMK sederajat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah menggelar uji coba kemampuan siswa (try out) secara serentak.

"Uji coba tersebut akan kami gelar serantak di 42 sekolah dan akan dimulai pada 1-4 Maret 2013," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen), Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim, Ahmad Syaifudi di Sampit, Kamis (28/2/2013).

Hasil uji coba tersebut akan menjadi acuan penetapan target kelulusan ujian nasional (UN). Kelulusan UN SMA/SMK sederajat 2013 Kabupaten Kotim ditargetkan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Ujian Nasional tingkat SMA/SMK sederajat rencananya akan dilaksanakan pada 15 April 2013 nanti, untuk itu capaian hasil uji coba kemampuan siswa nantinya akan diserahkan kepada pemerintah daerah, sebagai bahan evaluasi menjelang pelaksanaan UN.

Menurut Syaifudi, uji coba tersebut akan diikuti sebanyak 6.481 siswa dari 42 sekolah. Dari 6.481 siswa yang akan mengikuti uji coba kemampuan tersebut 2.183 siswa diantaranya berasal dari SMA sederajat. Sedangkan 4.288 siswa dari SMK.

"Teknis pelaksanaan UN 2013 berbeda dengan tahun sebelumnya, jika pada UN 2012 lalu hanya terdapat lima paket soal, tahun 2013 rencananya akan ada sebanyak 20 paket soal," katanya.

Setiap ruangan hanya ada 20 peserta UN dengan 20 soal yang berbeda dan lebih rumit lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaan UN 2013 juga tidak ada isitilah ujian ulang, jadi bagi siswa yang nantinya dinyatakan tidak lulus maka harus mengulang lagi selama satu tahun.

Bagi siswa yang tidak lulus juga tidak dibenarkan lagi menempuh jalur ujian paket C untuk mendapatkan ijazah, malainkan harus mengulang satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com