Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuh: Anggaran Pendidikan Selesai Sudah

Kompas.com - 28/02/2013, 19:47 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, permasalahan anggaran pendidikan di Kementeriannya sudah diselesaikan. Sebelumnya, ada sejumlah perbedaan pandangan antara Kemendikbud dengan Kementerian Keuangan.

Nuh memberi contoh adanya anggaran yang diberi tanda bintang atau diblokir oleh Kemenkeu. Salah satunya anggaran untuk ujian nasional (UN). Awalnya, Kemendikbud mengusulkan anggaran UN untuk 14 juta siswa. Belakangan, hasil pembahasan dengan Komisi X DPR hanya 12 juta siswa.

"Saya cek lagi apa betul 14 juta orang. Ini kan signifikan bedanya. Ternyata ada double acount dan ternyata hanya 12 juta. Seluruh hambatan sudah bisa kami selesaikan. Sekarang yang dibintangi sudah dihapus semua," kata Nuh seusai rapat terbatas membahas anggaran pendidikan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis ( 28/2/2013 ).

Nuh mengatakan, dalam rapat tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan agar tidak ada penyimpangan anggaran pendidikan di Kemendikbud yang mencapai Rp 37 triliun. Menurut Nuh, pihaknya akan mengawal implementasi anggaran sepenuhnya.

Sebelumnya, Presiden menginstruksikan agar jangan ada hambatan dalam implementasi anggaran pendidikan. Presiden menginstruksikan anggaran harus digunakan tepat waktu dan tepat sasaran, sehingga target pembangunan infrastruktur pendidikan di seluruh Indonesia tercapai.

"Mendikbud laporkan ke saya, Wapres (Boediono) juga sampaikan hal sama. Perlu ada koordinasi yang baik di pemerintahan untuk implementasi anggaran pendidikan ini, sekaligus koordinasi antara pemerintah dengan DPR jangan sampai ada yang tidak klop," pungkas Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com