Kompas.com - 01/03/2013, 09:32 WIB
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merekrut 666 instruktur nasional untuk melatih para guru inti dalam persiapan penerapan Kurikulum 2013. Kepala Badan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan  Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendikbud Syawal Gultom di Jakarta, Kamis, mengatakan instruktur nasional yang direkrut berasal dari kalangan dosen, widyaiswara, dan guru teladan yang memiliki catatan prestasi tingkat nasional.

Syawal mengatakan pula bahwa para guru inti yang akan dilatih diambil dari tiap-tiap kabupaten dan kota dilatih di provinsi. Sekitar 40 ribu guru inti akan menerima pelatihan tersebut dan diharapkan bisa menularkan ilmunya kepada guru kelas.  
"Guru inti kita latih sekitar bulan Mei, sedangkan instruktur nasional dilatih pada  bulan April," katanya, kemarin, Kamis (28/2/2013).

Pelatihan guru kelas baru akan dilakukan setelahnya, yaitu pada bulan Juni, saat libur sekolah berlangsung. Sekali pelatihan bisa digelar 1.300 kelas. Pelatihan akan dilangsungkan selama lima hari berturut-turut atau setara dengan 52 jam. Ada sekitar 700 ribu guru kelas yang akan dilatih.

"Jadi, satu kelas yang terdiri dari 40 guru kelas atau guru mata pelajaran, dilatih tiga guru inti," tambah Syawal.

Menurut Syawal, meski kurikulum 2013 dinilai relatif lebih mudah dibandingkan daripada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang berlaku sejak 2006, pelatihan tetap dibutuhkan. Pasalnya, ada materi-materi dan keterampilan guru yang harus dipertajam untuk melaksanakan kurikulum 2013.

"Saya yakin semua guru memiliki kemampuan mengajar sesuai tuntutan kurikulum 2013. Namun, kita tetap harus membangkitkan motivasi para guru," katanya.

Setidaknya, sekitar 712.000 guru dijadikan target pelatihan selama 2013. Syawal mengatakan bahwa inti pelatihan adalah memperbaiki kompetensi guru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan kata kunci bagaimana guru bisa mengubah sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa selama proses pembelajaran berlangsung," kata Syawal.

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.