Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBD DKI Cair, Ribuan Siswa SD Jaksel Terima KJP

Kompas.com - 01/03/2013, 13:43 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -— Dampak dari telah cairnya dana APBD DKI Jakarta 2013, sebanyak 13.585 siswa sekolah dasar di Jakarta Selatan akan mendapat Kartu Jakarta Pintar (KJP). Program yang digagas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ini dikhususkan bagi siswa yang tidak mampu. Nantinya, untuk setiap siswa SD yang berhak menerima dana, pemerintah akan mengalokasikan Rp 180.000 setiap bulannya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Sekolah Dasar Suku Dinas Pendidikan Momon Sulaiman. Menurut dia, KJP untuk Sekolah Dasar ini akan dibagikan di 526 SD negeri dan 186 SD swasta yang ada di Jakarta Selatan. "Angka tersebut merujuk pada Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS)," kata Momon pada Jumat (1/3/2013).

Sementara itu, mengenai kemungkinan adanya siswa tidak mampu yang belum tercatat di PPLS 2012, Momon mengatakan, pihak siswa dan sekolah harus aktif. Sekolah wajib mendata apakah siswanya sudah tercantum di PPLS terbaru. Yang belum, bisa segera diurus dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu.

Seperti diberitakan sebelumnya, APBD Provinsi DKI Jakarta untuk tahun anggaran 2013 telah disahkan pada 28 Januari 2013. Pihak legislatif menetapkan angka sebesar Rp 49,9 triliun. Pengesahan itu dilakukan dalam rapat paripurna DPRD DKI bersama Pemerintah Provinsi DKI, dengan agenda penandatanganan berita acara persetujuan dan pendapat akhir Gubernur terhadap Raperda APBD 2013. Dana APBD itu sendiri cair pada Selasa (26/2/2013) dan telah diserahkan Daftar Penggunaan Anggaran dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kepada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com