Kompas.com - 01/03/2013, 13:43 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com -— Dampak dari telah cairnya dana APBD DKI Jakarta 2013, sebanyak 13.585 siswa sekolah dasar di Jakarta Selatan akan mendapat Kartu Jakarta Pintar (KJP). Program yang digagas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ini dikhususkan bagi siswa yang tidak mampu. Nantinya, untuk setiap siswa SD yang berhak menerima dana, pemerintah akan mengalokasikan Rp 180.000 setiap bulannya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Sekolah Dasar Suku Dinas Pendidikan Momon Sulaiman. Menurut dia, KJP untuk Sekolah Dasar ini akan dibagikan di 526 SD negeri dan 186 SD swasta yang ada di Jakarta Selatan. "Angka tersebut merujuk pada Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS)," kata Momon pada Jumat (1/3/2013).

Sementara itu, mengenai kemungkinan adanya siswa tidak mampu yang belum tercatat di PPLS 2012, Momon mengatakan, pihak siswa dan sekolah harus aktif. Sekolah wajib mendata apakah siswanya sudah tercantum di PPLS terbaru. Yang belum, bisa segera diurus dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu.

Seperti diberitakan sebelumnya, APBD Provinsi DKI Jakarta untuk tahun anggaran 2013 telah disahkan pada 28 Januari 2013. Pihak legislatif menetapkan angka sebesar Rp 49,9 triliun. Pengesahan itu dilakukan dalam rapat paripurna DPRD DKI bersama Pemerintah Provinsi DKI, dengan agenda penandatanganan berita acara persetujuan dan pendapat akhir Gubernur terhadap Raperda APBD 2013. Dana APBD itu sendiri cair pada Selasa (26/2/2013) dan telah diserahkan Daftar Penggunaan Anggaran dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kepada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.