Kompas.com - 01/03/2013, 17:13 WIB
EditorCaroline Damanik

PONTIANAK, KOMPAS.com - Komisi X DPR RI akan mengambil keputusan mengenai anggaran untuk Kurikulum 2013 pada pekan depan. Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Utut Adianto mengatakan, keputusan  terhadap anggaran akan menunjukkan sikap DPR terhadap Kurikulum 2013 karena selama ini kendalanya ada pada alokasi dana yang belum disetujui.

"Mungkin pertengahan minggu depan, akan mengambil keputusan," kata Utut di Pontianak, Kamis (28/3/2013).

Utut mengatakan, masih ada alokasi anggaran untuk buku yang belum disetujui oleh panitia kerja (Panja). Karena banyak hal yang belum tuntas, termasuk alokasi anggaran dan pelatihan guru, DPR masih belum bisa memberi dukungan.

"Komisi X menitikberatkan untuk pelatihan guru, buku pegangan untuk guru dan murid," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Dengan tenggat waktu tersisa, Panja juga turun langsung ke daerah untuk menilai kesiapan daerah untuk menerapkan Kurikulum 2013.

Sementara itu, Anggota Komisi X dari Fraksi Golkar, Zulfadhli mengatakan, hingga kini belum ada kejelasan mengenai penerapan Kurikulum 2013.

"Baru sekadar rencana-rencana. Tetapi kita tidak bisa menghambat karena pemerintah yang berhak untuk mengubah kurikulum," kata Zulfadhli, dari dapil Kalbar itu.

DPR RI. lanjutnya, hanya bisa mengawal agar tidak ada yang dirugikan, baik murid maupun guru. Meski demikian, Zulfadhli mengakui bahwa hingga kini anggaran untuk pelatihan guru belum tersedia.

"Ini gara-gara kurikulum yang belum siap," katanya.

Selain itu, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 2,4 triliun, Zulfadhli meminta kepastian agar siswa dan orang tua tidak lagi dibebani biaya untuk buku.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.