Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Rumah Sakit Pendidikan di Ambon

Kompas.com - 07/03/2013, 16:58 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Maluku sedang mengusahakan pembangunan rumah sakit pendidikan guna mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. Dirut RSUD dr.M.Haulussy Ambon, Sri Ananta, mengatakan, Dinas Kesehatan Maluku bersama Unpatti telah mengusulkan pembangunan rumah sakit pendidikan ke pemerintah pusat.

Lokasi tempat rumah sakit pendidikan akan dibangun telah disiapkan di kawasan kampus Unpatti di Desa Poka, Kecamatan Teluk Dalam, Kota Ambon itu dinamai dr.M.Haulussy.

"Namanya dr.M. Haulussy setelah melewati pertimbang dan proses penetapan nama relatif lama. Apalagi selama ini mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpatti berpraktek di RSUD dr.M. Haulussy," ujar Sri di Ambon, Kamis.

Rumah sakit pendidikan merupakan salah satu persyaratan untuk mendukung pengembangan kepaniteraan klinik mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon.

"Maluku membutuhkan kualitas SDM dari profesi dokter yang handal, makanya harus ada rumah sakit pendidikan untuk mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon," kata Sri Ananta.

Rektor Unpatti Ambon Thomas Pentury mengapresiasi pengusulan rumah sakit pendidikan tersebut seiring dengan terbitnya persetujuan status Fakultas Kedokteran setempat dari Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional yang  dibuka 23 Juli 2008.

Peningkatan status tersebut berdasarkan surat Dirjen Dikti, Djoko Santoso No.1109/E/C/2012 tertanggal 30 Agustus 2012. Fakultas kedokteran Unpatti saat ini didukung tenaga pengajar dari Universitas Hassanudin, Universitas Airlangga dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com