Kompas.com - 10/03/2013, 19:28 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

SAMARINDA, KOMPAS.com - Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang melarang warung internet (warnet) di daerah itu melayani para pelajar khususnya yang akan menghadapi ujian nasional (UN).

"Sebelumnya kami sudah mengeluarkan surat edaran agar warnet tidak melayani anak yang berpakaian sekolah. Khusus dalam menghadapi UN, imbauan ini lebih spesifik lagi dengan meminta setiap warnet memeriksa kartu pelajar mereka," katanya melalui siaran pers Humas dan Protokol Sekretariat Kota Samarinda, Minggu (10/3/2013).

Ia mengatakan, meski tidak berseragam sekolah tetap harus dilarang jika anak tersebut merupakan siswa kelas VI, IX atau XII. Jika melanggar, pengelola warnet akan diberi sanksi tegas. "Kami mengimbau pengelola agar tidak segan-segan menanyakan status pengunjung warnetnya. Kalau perlu memeriksa kartu pelajarnya," katanya.

Langkah ini dilakukan bertujuan agar siswa bisa lebih berkonsentrasi lagi menghadapi ujian nasional. Pemerintah Kota Samarinda, lanjut dia, berkomitmen meraih kelulusan terbaik, baik kuantitas maupun kualitas. "Para siswa peserta UN diharapkan mempersiapkan diri secara maksimal dalam menghadapi ujian tersebut," ujarnya.

Begitu pula pihak sekolah dan orang tua diminta mendukung komitmen Pemerintah Kota Samarinda dalam mempersiapkan pelaksanaan UN. "Jangan dibiarkan anak-anak menghabiskan waktunya hanya bermain ’game online’. Kami meminta orang tua mengawasi dan lebih memperketat jam belajar malam yakni pukul 19.00-22.00 WITA," katanya.

Ia meminta orang tua mematikan radio/tape, HP, TV, komputer dan alat elektronik lainnya pada jam wajib belajar malam tersebut.

"Namun jangan sampai anak dipaksa belajar sementara orang tua malah menonton sendiri. Ini dapat mengganggu konsentrasi mereka saat belajar. Mari kita dukung komitmen Pemerintah Kota Samarinda yang bertekad meraih kelulusan terbaik," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.