Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35.119 Pelajar di Samarinda Siap Ikuti UN

Kompas.com - 11/03/2013, 01:25 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebanyak 35.119 pelajar mulai tingkat SD/MI hingga SLTA siap mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Nasional (UN), 15 April hingga 8 Mei 2013.

"Berdasarkan hasil pendataan peserta yang telah kami lakukan, tercatat 35.119 calon peserta telah siap mengikuti ujian yang akan dilaksanakan mulai April hingga Mei 2013," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Ibnu Araby dalam siaran pers diterima Antara, Minggu (10/3/2013).

Untuk mematangkan persiapan UN dan UASBN itu, lanjut Ibnu Araby, secara berjenjang telah dilaksanakan ’try out,’ kemudian pada awal April 2013 digelar ’try out’ tingkat Kota Samarinda.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengingatkan seluruh kepala sekolah agar mempersiapkan secara matang anak didiknya dalam menghadapi ujian nasional tersebut sehingga dapat menjawab soal dengan benar.

"Begitu juga kepada orang tua dan anggota keluarga agar ikut berperan mendukung anaknya yang mengikuti ujian nasional. Kami berharap, peran keluarga di rumah untuk mengawasi anaknya agar menjaga pola belajar dan menghindari kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi persiapan menghadapi ujian nasional tersebut," kata Ibnu Araby.

Pelaksanaan ujian nasional kali ini, menurut dia, akan lebih ketat dibanding sebelumnya. "Tiap peserta dalam satu ruangan ujian dipastikan mengerjakan soal yang berbeda sebab dalam satu ruangan itu ada 20 ragam soal sehingga soal setiap peserta akan berbeda. Jadi kemungkinan untuk kerja sama itu tidak mungkin. Tidak seperti ujian nasional sebelumnya, dalam satu ruangan terdapat 10 soal yang sama," ungkap Ibnu Araby.

Standar kelulusan ujian nasional tahun ini, kata dia, tetap sama dengan sebelumnya yakni 5,5. Selain persiapan dari peserta sendiri, Ibnu Araby juga meminta peran guru menyiapkan siswanya dengan mamaksimalkan pelaksanaan ’try out’ baik tingkat sekolah yang telah dilaksanakan sejak Januari hingga 4 Maret 2013 ditambah ’try out’ tingkat kota yang akan dilaksanakan awal April 2013.

Untuk Ujian Sekolah ,lanjut Ibnu Araby, sudah dimulai yakni tingkat SMA/MA dimulai pada 11-19 Maret, SMK 11-20 Maret, SMP/MTs 20-26 Maret dan SD 1-4 April 2013. "Pengumuman kelulusan tingkat SMA/MA/SMK pada 24 Mei, dan SMP/MTs pada tanggal 1 Juni 2013," kata Ibnu Araby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com