Kompas.com - 12/03/2013, 00:53 WIB
EditorBenny N Joewono

MANADO, KOMPAS.com - Komisi D DPRD Manado, Sulawesi Utara minta pemerintah mengutamakan mutu para lulusan ujian nasional (UN), bukan hanya bertumpu kepada kwantitas saja.

"Jangan hanya memfokuskan pada banyaknya siswa yang lulus, tetapi mutu diabaikan," kata Ketua Komisi D DPRD, Richard Sualang, di Manado, Senin (11/3/2013).

Menurut Sualang, Manado sebagai jendelanya Sulawesi Utara harus bisa menjadi contoh dalam kwalitas dan kwantitas, sehingga para lulusan nantinya bisa menjadi tenaga kerja yang siap pakai, terutama para siswa SMK, yang memang sudah dilatih menjadi tenaga profesional setelah selesai studi.

Ia mengatakan, target pemerintah untuk kelulusan 100 persen, itu baik dan tidak ada salahnya, tetapi alangkah lebih baik lagi kalau mutu tinggi, agar seimbang. "Kalau boleh para lulusan dari Manado, terutama di tingkat SMA sederajat itu, nilainya harus diatas rata-rata semuanya, agar mutunya tidak diragukan," kata Sualang.

Ia mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini, tingkat kelulusan Manado tinggi jika dilihat dari kuantitas, karena selalu berada di atas rata-rata nasional yakni 97 persen, dan hal tersebut diakui secara nasional, tetapi kwalitas belum merata dan itulah yang harus dirubah.

Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pendidikan menargetkan tingkat kelulusan 100 persen, karena itulah maka para siswa yang sudah terdaftar sebagai peserta ujian nasional dicari untuk diikutsertakan dalam ujian, agar bisa menyelesaikan studinya, walaupun hanya tingkat SMA.

Untuk tahun ini, sebanyak 7.660 siswa SMA sederajat tercatat akan mengikuti ujian akhir nasional, dengan rincian sebanyak 3.837 siswa, MA 367 dan SMK 3.456, ini sudah termasuk negeri dan swasta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.