Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Bidik Misi Unsyiah Menjadi 900 Orang

Kompas.com - 13/03/2013, 00:02 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pihak Rektorat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh meminta Pemerintah Pusat menambah kuota beasiswa bidik misi pada 2013, yakni menjadi 900 orang.

"Kami berharap pada tahun ini ada tambahan kuota dari jumlah yang diberikan pada tahun sebelumnya sebanyak 750 orang," kata Rektor Unsyiah Darussalam Banda Aceh, Samsul Rizal di Banda Aceh, Selasa (12/3/2013).

Disebutkan, dari total 23.140 peserta SNMPTN yang direkomendasikan sebagai peserta SNMPTN di tingkat panitia lokal Banda Aceh sebanyak 4.430 orang terdaftar dalam program beasiswa bidik misi.

Program beasiswa bidik misi merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai 2010, kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Dikatakan, seluruh peserta yang terdaftar dalam program beasiswa bidik misi akan diseleksi kembali oleh tim terhadap data yang diisi guna dipastikan kebenarannya. "Artinya, seluruh data yang dikirim calon mahasiswa penerima beasiswa bidik misi akan di survei kembali untuk menguji kebenarannya," katanya.

Pihaknya berharap kepada seluruh calon mahasiswa baru yang mengajukan beasiswa bidik misi berlaku jujur terhadap data yang disampaikan sehingga beasiswa yang diterima tepat sasaran.

"Kami yakin beasiswa bidik misi yang disalurkan untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu akan tepat sasaran sebab setiap penerima akan dilakukan kroscek di lapangan," kata Samsul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com