Kompas.com - 14/03/2013, 11:39 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA. KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan kebudayaan menetapkan untuk segera menerapkan Kurikulum 2013 pada awal tahun ajaran baru di pertengahan Juli mendatang. Para guru sudah mulai dipersiapkan melalui pelatihan yang digelar secara berjenjang.

Melalui metode master teacher, Kemdikbud menetapkan tiga jenjang persiapan guru, mulai dari pelatihan instruktur nasional, guru inti (master teacher) hingga pelatihan guru nasional.

Sebanyak 666 instruktur nasional akan dilatih pada bulan April 2013. Para instruktur nasional ini nantinya akan melatih sekitar 46.213 guru inti pada bulan Mei.

Setelah itu, sebulan menjelang penerapan kurikulum baru pada pertengahan Juli mendatang, yaitu pada bulan Juni, para guru inti akan melatih sekitar 712.947 guru kelas dan mata pelajaran.

Durasi pelatihan untuk masing-masing tahap baik instruktur nasional hingga guru kelas dan mata pelajaran dilakukan selama 52 jam pertemuan atau setara dengan lima hari. Pola pelatihan juga tidak akan digelar melalui metode ceramah, tetapi melalui diskusi interaktif dan pendampingan. Khusus untuk guru kelas dan mata pelajaran akan didampingi oleh guru inti saat melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.