Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norwegia, Australia, AS Teratas

Kompas.com - 15/03/2013, 17:47 WIB
Anastasia Joice

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com -Norwegia, Australia and AS menempati urutan teratas dalam pemeringkatan di antara 187 negara pada Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index-HDI).

Sementara negara yang dicabik konflik yaitu Republik Demokratik Kongo dan Niger berada pada urutan terbawah. HDI ini mengukur pencapaian nasional dalam kesehatan, edukasi dan pendapatan.

HDI dipublikasikan oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) di Mexico City, Kamis (14/3/2013).

Walaupun Niger dan Republik Demokrasi Kongo terus mengalami tantangan dalam pembangunannya, kedua negara tersebut tetap menempati urutan teratas dalam pencapaian terbesar HDI sejak tahun 2000. Angka HDI terbaru memperlihatkan ada konsistensi dalam perkembangan pembangunan manusia di banyak negara.

"Dalam satu dekade terakhir, negara di seluruh dunia ini terus mencapai titik tertinggi dalam pembangunan manusia, seperti yang diperlihatkan pada semua komponen HDI. Progres terbesar terjadi di negara yang memiliki HDI menengah dan rendah. Berdasarkan hal ini, dunia menjadi lebih merata," demikian laporan tersebut.

Ada 14 negara yang tercatat memiliki perkembangan HDI yang sangat mengembirakan. HDI naik lebih dari 2 persen secara tahunan sejak tahun 2000. Perkembangan pesat itu antara lain terjadi di Afganistan, Sierra Leone, Ethiopia, Rwanda, Angola, Timor-Leste, Myanmar, Tanzania, Liberia, Burundi, Mali, Mozambic, Republik Demokratik Kongo, and Niger.

Sebagian besar dari negara itu merupakan negara yang memiliki HDI terendah di Afrika. TIdak sedikit pula yang mengalami konflik berkepanjangan. Data memperlihatkan, negara-negara itu memiliki kemajuan signifikan dalam kehadiran di sekolah, usia harapan hidup, dan pertumbuhan pendapatan per kapita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com