Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Kaji Pencabutan BOP Siswa Miskin

Kompas.com - 18/03/2013, 17:37 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi siswa miskin sedang dikaji untuk dicabut. Seluruh siswa, baik yang menempuh pendidikan di sekolah swasta maupun negeri, diharuskan membayar uang sekolah.

"Sekolah negeri dibayar penuh BOP-nya, sementara sekolah swasta yang murah hanya 20-30 persen. Kasihan jadinya sekolah-sekolah swasta yang murah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Senin (18/3/2013).

Basuki mengatakan, hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar DKI dapat bertindak lebih adil. Pemprov DKI Jakarta akan membuat semua siswa untuk membayar penuh biaya sekolah. Bagi siswa yang tidak mampu, kata dia, Pemprov DKI akan menyalurkannya melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"BOP-nya kami cabut, jadi bayarnya melalui KJP. Siswa yang tidak mampu, akan kami berikan KJP untuk bayar, ini baru adil kan. Sekarang ini lagi kami kaji," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto mengatakan kalau wacana itu telah disampaikan langsung oleh Basuki. Tindak lanjutnya, kata dia, masih akan dilakukan kajian dan analisisnya oleh tim dari Dinas Pendidikan DKI.

Menurut Taufik, rencana itu perlu penelaahan yang lebih dalam yang kemudian dapat dilaporkan kembali kepada Basuki sehingga ia pun belum bisa berbicara banyak terkait wacana yang dikeluarkan Basuki itu.

"Saya belum bisa menyampaikan kepada khalayak. Nanti setelah dikaji dari Dinas Pendidikan, akan dipaparkan di hadapan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait," kata Taufik.

Pemprov DKI telah meluncurkan program wajib belajar 12 tahun pada Hari Pendidikan Nasional, (2/5/2012) lalu. Program itu menyebutkan, seluruh anak usia sekolah dapat melanjutkan pendidikan dengan gratis hingga tingkat SMA atau SMK dan sederajat.

Tidak hanya itu, BOP yang dulunya hanya diberikan hanya untuk siswa SD dan SMP sejak Mei 2012 sudah diberikan hingga tingkat SMA. Bahkan, SD dan SMP swasta juga turut diberikan BOP secara penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com