Kompas.com - 18/03/2013, 17:37 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi siswa miskin sedang dikaji untuk dicabut. Seluruh siswa, baik yang menempuh pendidikan di sekolah swasta maupun negeri, diharuskan membayar uang sekolah.

"Sekolah negeri dibayar penuh BOP-nya, sementara sekolah swasta yang murah hanya 20-30 persen. Kasihan jadinya sekolah-sekolah swasta yang murah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Senin (18/3/2013).

Basuki mengatakan, hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar DKI dapat bertindak lebih adil. Pemprov DKI Jakarta akan membuat semua siswa untuk membayar penuh biaya sekolah. Bagi siswa yang tidak mampu, kata dia, Pemprov DKI akan menyalurkannya melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"BOP-nya kami cabut, jadi bayarnya melalui KJP. Siswa yang tidak mampu, akan kami berikan KJP untuk bayar, ini baru adil kan. Sekarang ini lagi kami kaji," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto mengatakan kalau wacana itu telah disampaikan langsung oleh Basuki. Tindak lanjutnya, kata dia, masih akan dilakukan kajian dan analisisnya oleh tim dari Dinas Pendidikan DKI.

Menurut Taufik, rencana itu perlu penelaahan yang lebih dalam yang kemudian dapat dilaporkan kembali kepada Basuki sehingga ia pun belum bisa berbicara banyak terkait wacana yang dikeluarkan Basuki itu.

"Saya belum bisa menyampaikan kepada khalayak. Nanti setelah dikaji dari Dinas Pendidikan, akan dipaparkan di hadapan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait," kata Taufik.

Pemprov DKI telah meluncurkan program wajib belajar 12 tahun pada Hari Pendidikan Nasional, (2/5/2012) lalu. Program itu menyebutkan, seluruh anak usia sekolah dapat melanjutkan pendidikan dengan gratis hingga tingkat SMA atau SMK dan sederajat.

Tidak hanya itu, BOP yang dulunya hanya diberikan hanya untuk siswa SD dan SMP sejak Mei 2012 sudah diberikan hingga tingkat SMA. Bahkan, SD dan SMP swasta juga turut diberikan BOP secara penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.