Kompas.com - 18/03/2013, 18:01 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah sakit diharapkan menerapkan kendali mutu dan biaya agar pelayanan rumah sakit terjaga mutunya dan keselamatan pasien. Menurut Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), adanya SJSN diharapkan mampu mendorong pengembangan pelayanan kesehatan dengan mengedepankan pelayanan yang efisien dan efektif.

Oleh karena itu, meminta agar presiden menjamin 86,4 juta jiwa peserta penerima bantuan iuran sebesar Rp 22.500 sampai Rp 27.000 dari alokasi APBN 2014. Selain itu, PERSI juga meminta anggaran untuk kesehatan minimal lima persen dari APBN dan sepuluh persen dari APBD.

"Lonjakan pasien dari kapasitas yang menyebabkan ketidakpuasan masyarakat dan kemudian RS disalahkan," ujar Ketua Umum PERSI dr Sutoto, Senin (18/3/2013) di Cikini.

Selain itu, menurut Sutoto, sistem rujukan juga harus berjalan dengan baik. Jangan sampai adanya miss-komunikasi antara pihak rumah sakit dengan pasien.

"Tidak bisa rujukan langsung ke RSCM. Itu nasional. Jadi harus bertahap, dari puskesmas, RSUD dan lainnya," kata Sutoto.

Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) di bidang kesehatan ini mulai diberlakukan pada 1 April 2014. Dengan adanya SJSN, rumah sakit diharapkan mampu meningkatkan derajat dan pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.