Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UNS Wajib Kuliah Kewirausahaan

Kompas.com - 21/03/2013, 01:31 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, wajib menempuh satu semester mata kuliah kewirausahaan, tujuannya dimaksudkan memberikan bekal kepada mereka nanti setelah lulus untuk berwirausaha.

Melalui program ini diharapkan pula bisa membantu mempercepat penciptaan wirausaha baru karena jumlah pengusaha di Indonesia sekarang ini masih tergolong minim, demikian dikatakan Rektor UNS Ravik Karsidi, dalam membuka sosialisasi program mahasiswa kewirausahaan di aula Fakultas Pertanian UNS, Rabu.

"Jumlah perbandingan antara pengusaha dengan penduduk di Indonesia ini masih timpang. Ya ada empat persen pengusaha saja dari jumlah penduduk yang ada Indonesia sudah makmur. Melalui program ini diharapkan sedikit banyak bisa membantu," kata Ravik Karsidi, Rabu (20/3/2013).

Ia mengatakan kepada para mahasiswa yang akan melakukan usaha untuk tidak usah takut akan kesulitan dana, karena baik kampus maupun instansi lainnya juga telah menyediakan dana.

"Silakan kepada mahasiswa yang telah punya usaha itu ajukan proposal ke bank, Kementerian Koperasi dan UKM atau kampus UNS akan dapat dana dengan jaminan usahanya itu," katanya.

Dikatakan dari Kementerian Koperasi dan UKM telah menyediakan dana kepada para mahasiswa yang melakukan wiraswasta sebesar Rp25 juta/ orang dan ini sifatnya hibah. "Silakan kepada mereka untuk mengajukan proposal."

Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan UNS Eddy Triharyanto mengatakan, untuk membantu program ini terus dilakukan, tahun 2010 melalui anggaran Dipa UNS mengalokasikan dana Rp 1,5 miliar untuk disalurkan kepada 119 mahasiswa dalam melakukan usaha. Hingga kini masih ada 56 mahasiswa yang menjalankan usahanya dengan baik.

Tahun 2011 dianggarkan sebesar Rp 750 juta untuk 78 mahasiswa, dan sampai sekarang masih ada 65 mahasiswa yang menjalankan usahanya dengan baik. Tahun 2012 dana yang disediakan sebesar Rp 350 juta untuk diberikan kepada 38 mahasiswa, dan tahun ini dianggarkan sebesar Rp 410 juta, yang rencanakan akan diberikan kepada 50 mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com